PENERAPAN MODEL RECOLLECTION SMART TEACHING (RST) DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 TANGGUL
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian
adalah siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi,
wawancara, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan
statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk persentase aktivitas belajar dan
ketuntasan hasil belajar fisika siswa pada siklus I dan siklus II.
Data hasil observasi memperlihatkan bahwa persentase aktivitas siswa
secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing
79,63% dan 81,34%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I
diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 67,57%, Sedangkan analisis hasil
belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 83,78%.
Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus
II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Recollection Smart Teaching (RST)
dengan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil
belajar fisika siswa kelas VIII E SMPN 2 Tanggul tahun ajaran 2010/2011.