dc.description.abstract | Rendahnya hasil belajar matematika siswa dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern adalah faktor yang terdapat dalam individu yang belajar sedangkan faktor ekstern adalah faktor yang terdapat di luar individu yang belajar. Salah satu faktor intern yang sangat menunjang keberhasilan belajar matematika adalah kemampuan numerik dan kecerdasan emosi (EQ).
Kemampuan numerik adalah kemampuan berfikir dengan menggunakan angka-angka atau bilangan sedangkan EQ adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri dan orang lain atau lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keterkaitan kemampuan numerik dan EQ baik secara parsial maupun bersama-sama dengan hasil UAS matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Probolinggo pada semester genap tahun pelajaran 2007/2008. Keterkaitan diartikan sebagai pengaruh yang diberikan oleh variabel bebas, yakni kemampuan numerik dan EQ terhadap variabel terikat (hasil UAS matematika siswa kelasVIII SMP Negeri 4
Probolinggo).
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Probolinggo dengan sampel penelitian sebanyak 154 siswa dari 256 siswa kelas VIII. Metode penentuan sampel ini mengikuti aturan Krejcie yang memiliki taraf signifikansi 95%. Berdasarkan aturan Krejcie, sampel yang harus diambil dari 256 siswa adalah sebanyak 154 siswa dari seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak dari tiap-tiap
kelas VIII secara seimbang sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah dengan metode tes, angket, dokumentasi, dan wawancara.
Metode tes hanya digunakan untuk mengetahui kemampuan numerik siswa sedangkan angket EQ digunakan untuk mengetahui tingkat EQ siswa. Untuk menganalisa data digunakan program SPSS 13.0 yang terdiri dari analisis regresi linear berganda, uji F, koefisien determinasi berganda, uji t, dan uji asumsi regresi. | en_US |