dc.contributor.author | AFRIZA, Dinda Ayu | |
dc.date.accessioned | 2024-10-23T01:40:57Z | |
dc.date.available | 2024-10-23T01:40:57Z | |
dc.date.issued | 2024-07-17 | |
dc.identifier.nim | 200210205101 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124463 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Arti penting percaya diri untuk anak PAUD yaitu memotivasi anak untuk
meningkatkan kemampuan yang dimilikinya yang menyebabkan semangat dalam
menjalani aktivitas sehari-hari. Berdasarkan pengamatan awal yang berlangsung
pada bulan Februari 2023 di TK Tadika Puri Jember, terdapat permasalahan
kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun yang masih belum berkembang dengan
baik. Terdapat 6 anak yang masih belum percaya diri dengan kemampuan yang
dimilikinya. Dapat dilihat dari anak yang belum percaya diri dengan karyanya,
masih belum berani untuk mempresentasikannya di depan kelas, dan juga apabila
anak masih belum paham dengan tugas yang diberikan oleh guru, anak lebih
memilih diam dan tidak mau bertanya. Dalam hal ini, peneliti ingin menguji
pengaruh penerapan metode talking stick terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6
tahun di TK Tadika Puri Jember.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka adanya rumusan masalah dari
penelitian ini dapat dirumuskan antara lain, “Apakah ada pengaruh penerapan
metode talking stick terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Tadika
Puri Jember?” Penelitian ini menggunakan jenis pola penelitian pra-eksperimental
dengan rancangan one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini
berjumlah 13 anak usia 5-6 tahun di TK Tadika Puri Jember. Penelitian
dilaksanakan di TK Tadika Puri Jember Jl. Nusantara VI/D7. Metode dalam
pengumpulan data yaitu observasi serta instrumen data dengan ceklis, dan teknis
analisis data menggunakan rumus uji-t berpasangan.Hasil penelitian ini menemukan data pretest menunjukkan rata-rata
kepercayaan diri anak adalah 51,46 dan setelah mendapatkan perlakuan data posttest menunjukkan rata-rata kepercayaan diri anak adalah sebesar 78,30. Uji-t
menemukan nilai signifikansi 0,000 yang berarti < 0,05 maka terdapat pengaruh
yang signifikan dari pengaruh penerapan metode talking stick terhadap
kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Tadika Jember.
Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu guru disarankan
menerapkan metode talking stick dalam meningkatkan kepercayaan diri anak
karena talking stick digunakan sebagai alat untuk menentukan siapa yang akan
berbicara. Pada penerapannya, guru hendaknya menggunakan lagu yang disukai
anak dan memancing anak agar mau bercerita ketika di depan kelas. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Metode Talking Stick | en_US |
dc.subject | Kepercayaan Diri Anak | en_US |
dc.subject | TK Tadika Puri Jember | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tadika Puri Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PG PAUD | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I., M.Pd.I. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Agustus_2024 | en_US |