PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MASTER-PLAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Analisis data menggunakan uji diperoleh nilai dan nilai
= 1,99 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan
hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa sebesar 67,35% dan termasuk pada kriteria aktif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika
menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik MASTER-Plan dan
pembelajaran konvensional pada pembelajaran fisika di SMA dan (2) aktivitas
belajar siswa yang terdiri dari melakukan diskusi dengan kelompoknya,
menyumbangkan ide/memberikan informasi untuk memecahkan permasalahan
kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, mengajukan pertanyaan, menjawab
pertanyaan,dan membuat kesimpulan terhadap permasalahan dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik MASTER-Plan termasuk
dalam kriteria aktif.