dc.contributor.author | WULANDARI, Ayu Trisna | |
dc.date.accessioned | 2024-10-09T07:09:34Z | |
dc.date.available | 2024-10-09T07:09:34Z | |
dc.date.issued | 2024-05-31 | |
dc.identifier.nim | 190210204100 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124378 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 9 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini
menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan di masa depan. Peran
pendidikan IPA sangat penting dalam menghadapi perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan inovasi-inovasi yang
kreatif dan menarik bagi siswa, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar
atau lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan LKPD berbasis STEM (Science,
Technology, Enginerring, and Mathematics).
Melalui wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Wonorejo
01 Lumajang, menunjukkan bahwa guru belum pernah membuat atau
mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis STEM. Guru hanya terfokus pada
LKPD konvensional yang dibuat olah Dinas Pendidikan. Selanjutnya pada
kegiatan observasi, diketahui dalam proses pembelajaran tidak semua siswa aktif
dan antusias, tidak bersemangat, dan mudah bosan. Selain itu, pada kegiatan
dokumentasi ditemukan bahwa banyak siswa yang belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikarenakan kurang adanya penerapan
materi dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu,
diperlukan inovasi atau pembaharuan untuk membantu siswa dalam memahami
materi, meningkatkan semangat belajar, antusias, dan meningkatkan keaktifan
siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah
satunya adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis STEM khususnya pada
materi gaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) model Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 01 Lumajang pada kelas IV-A dan IV-B
sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi,
wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu analisis data validasi produk, uji independet sampel t-test,
analisis data keefektifan relatif produk (ER), dan analisis data respon peserta
didik.
Hasil validasi produk LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor 91,7
dengan kategori sangat layak. Hasil analisis pada hasil belajar siswa kelas
eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test
23%, sedangkan pada kelas kontrol pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai
pre-test dan post-test 11%. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut hasil belajar kedua
kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 68,3% dengan kategori
keefektifan tinggi. Selain itu, hasil uji kepraktisan LKPD berbasis STEM
menggunakan angket respon siswa menunjukkan persentase skor 95,45% dengan
kategori sangat efektif. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pengajaran Materi Gaya | en_US |
dc.subject | LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) | en_US |
dc.subject | STEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics). | en_US |
dc.subject | Kabupaten Lumajang | en_US |
dc.title | Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Gaya pada Siswa Kelas IV di SDN Wonorejo 01 Lumajang | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M. Pfis. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Agustus_2024 | en_US |