Show simple item record

dc.contributor.authorWULANDARI, Ayu Trisna
dc.date.accessioned2024-10-09T07:09:34Z
dc.date.available2024-10-09T07:09:34Z
dc.date.issued2024-05-31
dc.identifier.nim190210204100en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124378
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 9 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan di masa depan. Peran pendidikan IPA sangat penting dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan inovasi-inovasi yang kreatif dan menarik bagi siswa, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar atau lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics). Melalui wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Wonorejo 01 Lumajang, menunjukkan bahwa guru belum pernah membuat atau mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis STEM. Guru hanya terfokus pada LKPD konvensional yang dibuat olah Dinas Pendidikan. Selanjutnya pada kegiatan observasi, diketahui dalam proses pembelajaran tidak semua siswa aktif dan antusias, tidak bersemangat, dan mudah bosan. Selain itu, pada kegiatan dokumentasi ditemukan bahwa banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikarenakan kurang adanya penerapan materi dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan inovasi atau pembaharuan untuk membantu siswa dalam memahami materi, meningkatkan semangat belajar, antusias, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satunya adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis STEM khususnya pada materi gaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 01 Lumajang pada kelas IV-A dan IV-B sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data validasi produk, uji independet sampel t-test, analisis data keefektifan relatif produk (ER), dan analisis data respon peserta didik. Hasil validasi produk LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor 91,7 dengan kategori sangat layak. Hasil analisis pada hasil belajar siswa kelas eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test 23%, sedangkan pada kelas kontrol pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test 11%. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 68,3% dengan kategori keefektifan tinggi. Selain itu, hasil uji kepraktisan LKPD berbasis STEM menggunakan angket respon siswa menunjukkan persentase skor 95,45% dengan kategori sangat efektif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengajaran Materi Gayaen_US
dc.subjectLKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)en_US
dc.subjectSTEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics).en_US
dc.subjectKabupaten Lumajangen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Gaya pada Siswa Kelas IV di SDN Wonorejo 01 Lumajangen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M. Pfis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus_2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record