dc.contributor.author | HAMZAH, Muhammad Halili | |
dc.date.accessioned | 2024-10-09T03:58:40Z | |
dc.date.available | 2024-10-09T03:58:40Z | |
dc.date.issued | 2007-02-27 | |
dc.identifier.nim | 022110101006 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124364 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 14 September 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Banyaknya jumlah rumah sakit dewasa ini, tentunya akan menimbulkan
persaingan ketat diantara rumah sakit serta menimbulkan tantangan yang sangat
besar bagi para pengelola maupun pemilik rumah sakit untuk memperbaiki
kualitas pelayanan di rumah sakit sehingga dipercaya oleh masyarakat Hasil
survei kepuasan pasien menunjukkan bahwa terdapat dua unit keija di ruang
pavilyun yang masih berada dibawah angka rata-rata indeks kepuasan pasien
Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soebandi Jember yaitu dengan total skor sebesar
0,767. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pasien di ruang pavilyun Rumah Sakit Umum Daerah dr.
Soebandi Jember. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien tersebut
meliputi provider, tarif, dan sarana fisik.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah survei analitik dengan pendekatan cross
sectional. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan
kuesioner terhadap 79 responden yang menjadi sampel dalam penelitian. Subjek
ditarik dari populasi dengan caraproportional stratified random sampling.
Data diolah dan diuji dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel tarif dan sarana fisik mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana peningkatan tarif
akan meningkatkan kepuasan pasien sebesar 0,08723, peningkatan sarana fisik
akan meningkatkan kepuasan pasien sebesar 0,916. Sedangkanvariabel provider
tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil pengujian secara
serentak menunjukkan bahwa variabel provider, tarif, dan sarana fisik
berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan tingkat signifikansi 0,000.
Diharapkan pihak rumah sakit agar meningkatkan lagi mutu pelayanan terutama
yang terkait dengan pelayanan provider baik dokter maupun perawat dan lebih
memprioritaskan pada tarif serta tetap mempertahankan dan meningkatkan sarana
fisik di rumah sakit. | en_US |
dc.description.sponsorship | Prof. Dr. Murdijanto Pb. SE, SU selaku dosen pembimbing I
Nuryadi, S.KM., M. Kes selaku dosen pembimbing II | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Kesehatan Masyarakat | en_US |
dc.subject | KEPUASAN PASIEN | en_US |
dc.subject | SARANA FISIK | en_US |
dc.subject | TARIF | en_US |
dc.title | Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Pavilyun Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soebandi Jember | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Kesehatan Masyarakat | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Murdijanto Pb. SE, SU | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Nuryadi, S.KM., M. Kes | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |