PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELECTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI SMPN 2 JENGGAWAH KELAS IX C SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX C. Pemilihan subjek penelitian ini
berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika yang menginformasikan bahwa
dalam kelas ini mempunyai permasalahan yaitu aktivitas dan hasil belajar siswa yang
rendah, sehingga peneliti melakukan observasi di kelas IX C untuk mengidentifikasi
masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan
setiap siklusnya mencakup empat tahapan, yaitu perencanaan/perencanaan ulang,
tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan tanggal 10 November 2012
sampai dengan 1 Desember 2012.
Dari hasil observasi didapatkan pada siklus 1 rata-rata persentase aktivitas
siswa mencapai 77,05% (aktif) dan pada siklus 2 rata-rata persentase aktivitas siswa
mencapai 86,57% (sangat aktif). Kemudian hasil analisis observasi aktivitas guru
yang dilakukan oleh guru bidang studi matematika kelas IX C, Persentase rata-rata
aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 93,33% (sangat aktif) sedangkan pada siklus 2
mencapai 94,45% (sangat aktif). Hasil analisis kentutasan hasil belajar siswa
menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SAVI, pada siklus 1
mencapai 72,22% dengan 10 siswa tidak tuntas belajar dan 32 siswa yang tuntas, dan
pada siklus 2 mencapai 86,11% dengan 6 siswa tidak tuntas belajar dan 30 siswa
yang tuntas. Dari hasil analisis yang didapatkan membuktikan bahwa penerapan
model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan SAVI efektif untuk digunakan dan
dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar
siswa dan hasil belajar siswa.