• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENGUASAAN MATERI DALAM UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA PROGRAM IPA TAHUN AJARAN 2009/2010 DI KABUPATEN JEMBER BAGIAN UTARA DAN TIMUR

    Thumbnail
    View/Open
    Yunita Christianti_1.pdf (705.7Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Yunita Christianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil ujian nasional yang berupa analisis statistik maupun analisis daya serap materi pelajaran digunakan sebagai alat untuk menilai dan memperbaiki sistem maupun kebijakan pendidikan, mengidentifikasikan faktor-faktor yang menentukan keberhasilan suatu kebijakan, serta sebagai umpan balik bagi pengelola pendidikan di berbagai tingkatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Pada penelitian ini, banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan siswa pada materi menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang dan menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri. Faktorfaktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun luar diri siswa, metode mengajar guru, bahkan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil observasi di 8 sekolah yang diteliti, diperoleh beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya penguasaan siswa pada materi menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang dan menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri. Faktor tersebut meliputi: a) dalam proses pembelajaran, sebagian besar guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, b) minat belajar siswa terhadap matematika masih kurang, c) dalam mendapatkan konsep–konsep, struktur–struktur, dan prinsip–prinsip pada materi yang diajarkan, siswa hanya mendengarkan dari penjelasan guru, d) sebagian besar guru lulus sertifikasi pada tahun 2010 hingga 2012, namun ada beberapa guru juga yang tidak lulus sertifikasi, e) sebagian besar guru masih belum paham dengan baik tentang teori-teori belajar, f) meskipun beberapa sekolah dilengkapi dengan alat atau sumber belajar lainnya, namun masih jarang guru yang menggunakan fasilitas tersebut sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12426
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15465]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository