IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENGUASAAN MATERI DALAM UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA PROGRAM IPA TAHUN AJARAN 2009/2010 DI KABUPATEN JEMBER BAGIAN UTARA DAN TIMUR
Abstract
Hasil ujian nasional yang berupa analisis statistik maupun analisis daya serap
materi pelajaran digunakan sebagai alat untuk menilai dan memperbaiki sistem
maupun kebijakan pendidikan, mengidentifikasikan faktor-faktor yang menentukan
keberhasilan suatu kebijakan, serta sebagai umpan balik bagi pengelola pendidikan di
berbagai tingkatan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Pada penelitian ini, banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya penguasaan
siswa pada materi menghitung nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang
pada bangun ruang dan menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri. Faktorfaktor
tersebut dapat berasal dari dalam maupun luar diri siswa, metode mengajar
guru, bahkan ketersediaan sarana dan prasarana sekolah.
Berdasarkan hasil observasi di 8 sekolah yang diteliti, diperoleh beberapa
faktor yang menjadi penyebab rendahnya penguasaan siswa pada materi menghitung
nilai perbandingan trigono sudut antar garis & bidang pada bangun ruang dan
menentukan integral tak tentu fungsi trigonometri. Faktor tersebut meliputi: a) dalam
proses pembelajaran, sebagian besar guru menggunakan metode ceramah dan tanya
jawab, b) minat belajar siswa terhadap matematika masih kurang, c) dalam
mendapatkan konsep–konsep, struktur–struktur, dan prinsip–prinsip pada materi yang
diajarkan, siswa hanya mendengarkan dari penjelasan guru, d) sebagian besar guru
lulus sertifikasi pada tahun 2010 hingga 2012, namun ada beberapa guru juga yang
tidak lulus sertifikasi, e) sebagian besar guru masih belum paham dengan baik tentang
teori-teori belajar, f) meskipun beberapa sekolah dilengkapi dengan alat atau sumber
belajar lainnya, namun masih jarang guru yang menggunakan fasilitas tersebut
sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.