PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS PADA SISWA KELAS VIIID SEMESTER GANJIL SMPN 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 27 Nopember 2012 sampai dengan
6 Desember 2012. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa analisis aktifitas
siswa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada topik bahasan
teorema Phytagoras kelas VIII D SMPN I Pakusari siklus 1 sebesar 82,67 % dan
siklus II sebesar 91,24 %. Sehingga rata-rata seluruh aktivitas siswa selama
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation adalah 86,95
% dan dapat dikategorikan sangat aktif.
Dari nilai tes akhir dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation pada topik bahasan teorema Phytagoras kelas VIIID SMPN I
Pakusari mengalami kenaikan tingkat ketuntasan hasil belajar dari siklus I sebesar
88,57% menjadi 94,29% dari siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
maka pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas VIII D
SMPN I Pakusari.