dc.contributor.author | NINGRUM, Clara Ellen Sheilla | |
dc.date.accessioned | 2024-08-21T01:54:25Z | |
dc.date.available | 2024-08-21T01:54:25Z | |
dc.date.issued | 2023-03-10 | |
dc.identifier.nim | 170910301003 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124110 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 21 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Munculnya kasus Covid-19 memberikan dampak pada seluruh sektor.
Tidak hanya pada sektor kesehatan, namun pandemi Covid-19 juga memberikan
dampak pada sektor pariwisata, ekonomi serta pendidikan di Indonesia. Isu-isu
yang membahas tentang pandemi Covid-19 merupakan sebuah masalah yang
dihadapi masyarakat saat ini. Munculnya pandemi Covid-19 membuat pemerintah
Indonesia turun tangan untuk dapat mengatasinya. Dengan diterapkannya PSBB,
maka seluruh masyarakat dibatasi untuk melakukan aktivitas sosial diluar rumah
serta larangan melakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.
Pembelajaran daring merupakan kebijakan bertujuan agar siswa tetap dapat
memperoleh pendidikan selama masa pandemi dan juga dapat mencegah
penyebaran virus corona. Namun dalam implementasi pembelajaran daring
ditemukan hambatan-hambatan yang membuat kebijakan ini belum terlaksana
secara maksimal. Remaja merupakan individu yang sedang berada pada fase
mencari jati diri. Hambatan dan tekanan yang dirasakan remaja selama mengikuti
proses pembelajaran daring akan menambah beban remaja dalam proses
perkembangannya. Kondisi ini jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan
masalah kejiwaan pada remaja dan menghambat perkembangan remaja. Tujuan dari
penelitian ini untuk mendeskripsikan masalah kejiwaan yang dialami oleh remaja
yang mengikuti proses belajar daring di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis
penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di RT 03 RW 11 Kelurahan
Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Teknik Penentuan Informan
menggunakan teknik purposive sampling sebanyak tiga informan pokok dan teknik
penentuan informan tambahan sebanyak tiga orang menggunakan teknik snowball.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data diawali dengan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan teknik
keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini diketahui adanya masalah kejiwaan yang dialami
oleh remaja yang mengikuti proses pembelajaran daring selama masa pandemi
Covid-19, yakni ditemukan bahwa: 1). Remaja mengalami perasaan kesepian,
remaja menjadi menutup diri dan menarik diri dari teman sebaya ketika
pembelajaran tatap muka terbatas diterapkan. 2). Stress dan Kecemasan berlebihan,
deadline pengumpulan tugas yang berbeda-beda serta beban tugas yang harus diselesaikan mengakibatkan remaja mengalami penurunan nilai akademik. 3).
Menurunya fungsi kognitif remaja, hambatan serta kesulitan remaja mengakses
materi menyebabkan stres dan kecemasan, yang pada akhirnya dapat
mempengaruhi kesulitan untuk berkonsentrasi dan lambat dalam berfikir. 4). Gejala
Depresi, remaja cenderung terjaga larut malam untuk menyelesaikan tugas hingga
lupa makan atau makan berlebihan. dan 5). Faktor penyebab Masalah Kejiwaan,
penyebab remaja mengalami masalah kejiwaan ialah remaja tidak dapat beradaptasi
dengan baik dengan perubahan model pembelajaran daring. Berdasarkan beberapa
masalah kejiwaan yang dialami oleh remaja, baik taraf hidup dan sisi mental seperti
stress an tekanan yang dialami serta sisi sosial yakni ketidaktahuan dalam
memenuhi kebutuhan berinteraksi dengan orang lain maka, dapat dikatakan remaja
yang mengikuti proses pembelajaran daring mengalami penurunan kesejahteraan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Franciscus Adi P., M.Si
Kusuma Wulandari,S,Sos.,M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | MASALAH KEJIWAAN PADA REMAJA | en_US |
dc.subject | MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DARING | en_US |
dc.subject | MASA PANDEMI COVID-19 | en_US |
dc.title | Masalah Kejiwaan pada Remaja yang Mengikuti Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 | en_US |
dc.title.alternative | (Studi Kasus di RT 03 RW 11 Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Kesejahteraan Sosial | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Franciscus Adi P., M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kusuma Wulandari, S.Sos.,M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |