Show simple item record

dc.contributor.authorDevy Ayu Wulandari
dc.date.accessioned2013-12-24T05:44:57Z
dc.date.available2013-12-24T05:44:57Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM092010101053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12404
dc.description.abstractOlahraga merupakan serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana yang dilakukan orang dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Siswa dapat mengalami kelelahan akibat olahraga dengan jadwal waktu yang tidak tepat, sehingga dapat berakibat menurunnya konsentrasi belajar, sehingga ketelitian belajar dapat berkurang (Negara, 2009). Prestasi belajar anak dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah konsentrasi belajar. Siswa yang mampu berkonsentrasi ketika menerima pelajaran di kelas, akan lebih cepat menangkap materi yang diberikan oleh guru, sehingga akan berpengaruh positif pada prestasi belajarnya (Hussin, 1980). Dengan kata lain, untuk memperoleh hasil belajar yang baik, diperlukan konsentrasi belajar yang baik pula. Konsentrasi belajar merupakan suatu perilaku dan fokus perhatian siswa untuk dapat memperhatikan dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, serta dapat memahami setiap materi pelajaran yang telah diberikan (Sumartno, 2004). Ketelitian (presisi) adalah kesesuaian diantara beberapa data pengukuran yang sama yang dilakukan secara berulang. Tinggi rendahnya tingkat ketelitian hasil suatu pengukuran dapat dilihat dari harga deviasi hasil pengukuran (Sumartno, 2004). Ketelitian siswa dalam memahami atau mengerjakan pelajaran berkurang, hal ini karena siswa kelelahan dalam mengikuti pelajaran akibat aktivitas olahraga yang berlebihan sehingga berkurangnya minat terhadap pelajaran. Kelelahan dapat menyebabkan seseorang kurang waspada dalam menghadapi sesuatu khususnya pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Dalam keadaan lelah dan kurang nutrisi, sinyal-sinyal yang berjalan maju mundur di antara thalamus dan korteks serebri tidak berfungsi secara optimal yang menyebabkan kesiapsiagaan menurun. Kurangnya kewaspadaan pada siswa menyebabkan ketelitian dan konsentrasi menurun sehingga materi pelajaran yang diajarkan oleh guru tidak dapat diserap dengan baik (Dimyati, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Jadwal Mata Pelajaran Olahraga dengan Faktor-faktor Lain terhadap Ketelitian di SMAN 2 Jember dan mengetahui apakah skor ketidaktelitian dipengaruhi oleh faktor kendaraan yang digunakan, sarapan yang dikonsumsi, dan letak tempat duduk. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Responden yang digunakan sebanyak 129 siswa setelah olahraga dan 129 siswa tanpa jadwal olahraga. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Jember pada bulan Mei 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh jadwal mata pelajaran olahraga dengan faktor-faktor lain terhadap ketelitian di SMAN 2 Jember yang dinyatakan pada peningkatan dari skor ketidaktelitian. Hasil analisis data dengan uji one way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang tidak bermakna antar kelompok. Hasil analisis data dengan uji paired T-test, menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok setelah jadwal olahraga dan kelompok tanpa jadwal olahraga. Selanjutnya hasil analisis data dengan uji Chi Square terdapat pengaruh antara sarapan yang dikonsumsi dan letak tempat duduk dengan konsentrasi belajar. Semakin kita mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein serta menggantinya dengan susu, maka semakin berkurang skor ketidaktelitiannya, apabila kita duduk pada baris 1, 2, dan 3, skor ketidaktelitian berkurang dibandingkan dengan duduk pada barisan ke 4 dan 5. Sedangkan kendaraan yang digunakan tidak memiliki pengaruh terhadap skor ketidaktelitian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries092010101053;
dc.subjectMATA PELAJARAN OLAHRAGAen_US
dc.titlePENGARUH JADWAL MATA PELAJARAN OLAHRAGA DENGAN FAKTOR-FAKTOR LAIN TERHADAP KETIDAKELITIAN SISWA DI SMAN 2 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record