dc.contributor.author | WAHYUDI, Farid Isrovie | |
dc.date.accessioned | 2024-08-15T02:36:53Z | |
dc.date.available | 2024-08-15T02:36:53Z | |
dc.date.issued | 2024-07-24 | |
dc.identifier.nim | 190210301075 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123962 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 15 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan sebagai aspek sentral kehidupan diharapkan mampu mencetak
generasi yang memiliki keterampilan sesuai dengan tuntutan abad 21. Tantangan
utama dunia pendidikan abad 21 yaitu mampu menciptakan generasi yang
memiliki berbagai keterampilan yang mampu untuk menjawab tantangan abad 21.
Keterampilan tersebut disebut dengan keterampilan 4C. Keterampilan 4C perlu
dimiliki oleh peserta didik agar peserta didik memiliki kemampuan akademik
serta kemampuan bersosial yang seimbang. Dari keterampilan 4C tersebut, salah
satu keterampilan yang perlu dilatih kepada peserta didik adalah keterampilan
berpikir kreatif dan keterampilan kolaborasi. Kedua keterampilan tersebut dapat
dikembangkan melalui pembelajaran yang inovatif.
Salah satu pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Project
Based Learning. Melalui PjBL, peserta didik tidak hanya belajar mengenai teori,
tetapi juga mempraktekkan konsep dan keterampilan yang telah dipelajari dalam
sebuah proyek. Model PjBL memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk
mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memperoleh pengalaman belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif dan
keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI Pemasaran 1 di SMK Negeri 4
Jember melalui model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran
Proyek Kreatif dan Kewirausahaan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dengan penentuan lokasi menggunakan metode purposive area.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumen. metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis persentase. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas
XI Pemasaran 1 SMK Negeri 4 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 4
Jember memiliki persentase sebesar 70% dan termasuk dalam kategori "baik".
Keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 4
Jember memiliki persentase sebesar 75% dan termasuk dalam kategori "baik"
Berdasarkan observasi yang dilakukan selama penelitian berlangsung,
pembelajaran PjBL di kelas XI Pemasaran 1 SMKN 4 Jember sudah berjalan
dengan baik sesuai dengan sintaks. Semua fase dan tahapan sudah dilaksanakan
oleh guru, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam penerapan
PjBL pada pembelajaran diharapkan guru lebih memberikan evaluasi kepada
peserta didik terkait produk yang sudah dibuat agar pada pembelajaran
selanjutnya, hasil produk dari peserta didik lebih inovatif, bervariatif, dan berbeda
dari produk yang sebelumnya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P
Pembimbing Anggota Tiara, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PROJECT BASED LEARNING | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN KOLABORASI | en_US |
dc.subject | PESERTA DIDIK | en_US |
dc.title | Keterampilan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Proyek Kreatif dan Kewirausahaan (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas XI Pemasaran 1 SMKN 4 Jember) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Tiara, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 15 Agustus 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |