Show simple item record

dc.contributor.authorKUSUMAWATI, Wahyu Diana
dc.date.accessioned2024-08-15T02:31:05Z
dc.date.available2024-08-15T02:31:05Z
dc.date.issued2024-07-30
dc.identifier.nim170210402060en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123959
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 15 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPsikologi humanistik Abraham Maslow merupakan teori yang menjelaskan kebutuhan bertingkat manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Pemenuhan tersebut dilakukan secara bertingkat dari kebutuhan terendah hingga kebutuhan tertinggi. Novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra dipilih sebagai obyek kajian skripsi ini karena, novel ini memuat pesan untuk para pembacanya yakni kehilangan orang tua untuk selamanya menjadikan kita bertanggung jawab pada diri kita sendiri dan menjadi mandiri dalam menjalani hidup. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah pemenuhan kebutuhan bertingkat dalam novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra berdasarkan psikologi humanistic Abraham Maslow? (2) Bagaimanakah pemanfaatan hasil penelitian novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra sebagai materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII? Metode analisis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelilitian ini adalah novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra, cetakan pertama pada tahun 2023 oleh penerbit Gramedia Widisarana Indonesia. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, paragraph, dan dialog yang terdapat dalam bovel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Teknik dokumentasi. Teknik anallisis data pada penelitian ini meliputi pereduksian data, penyajian data, intrepretasi data, dan penarikan kesimpulan. Instrument penelitian dalam penelitian ini ada 2 yakni instrument utama dan instrumen pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) psikologi humanistik dalam novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini karya Boy Candra digambarkan memiliki tingkat kebutuhan yang tidak berurutan. Terdapat tokoh yang dapat memenuhi semua kebutuhan, namun juga ada tokoh yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pada kebutuhan cinta dan memiliki dan kebutuhan aktualisasi. Tokoh yang dapat memenuhi semua kebutuhan adalah tokoh Pak Tua, tokoh yang tidak dapat memenuhi kebutuhan aktualisasi diri dan kebutuhan cinta dan memiliki yaitu tokoh Bendung. (2) hasil penelitian ini memiliki relevansi sebagai alternatif materi pembelajaran sastra di SMA kelas XII semester 2. Hal tersebut terdapat dalam kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar: 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan kompetensi dasar 4.9 Merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Peran guru sebagai pendamping dalam proses pembelajaran apresiasi sastra sangat penting agar proses pembelajaran sesuai dengan silabus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectNOVELen_US
dc.subjectPSIKOLOGI HUMANISTIKen_US
dc.subjectPSIKOLOGI SASTRAen_US
dc.titlePsikologi Humanistik dalam Novel Bu, Tidak Ada Teman Menangis Malam Ini Karya Boy Candra dan Pemanfaatannya sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XIIen_US
dc.title.alternativeHumanistic Psychology in the Novel Bu, There Are No Friends Crying Tonight by Boy Candra and Its Use as an Alternative to Literature Learning in Class XII High Schoolsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Furoidatul Husniah, S.S, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fitri Nura Murti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record