Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSTIN, Devi Dwi
dc.date.accessioned2024-08-14T08:09:11Z
dc.date.available2024-08-14T08:09:11Z
dc.date.issued2023-01-19
dc.identifier.nim180210302115en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123922
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 14 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPembelajaran abad 21 menuntut penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan efetktif untuk meningkatkan pemahaman, retensi, dan minat belajar yang harus didukung oleh kemauan dan kemampuan literasi digital terhadap media baru. Salah satu cara adalah dengan penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat memudahkan pendidik dan peserta didik dalam menyampaikan dan menerima materi, salah satunya adalah menggunakan media focusky. Rumuan masalah penelitian ini adalah (1) adakah perbedaan minat belajar sejarah yang signifikan antara peserta didik pada kelas yang diberi perlakuan media focusky dengan kelas yang tidak diberi perlakuan media focusky?; (2) Bagaimana efektivitasaipenggunaanalmediaaifocuskyalterhadap minat belajar sejarah peserta didik kelas XI SMA?. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan minat belajar antara kelas yang diberi perlakuan media focusky dengan kelas yang tidak diberi perlakuan media focusky dan menganalisis efektivitas penggunaan media focusky terhadap minat belajar sejarah pesertalididiklikelasliXIaSMA. Focusky adalah aplikasi presentasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Focusky memberikan akses mudah, gratis dan tidak perlu membutuhkan bantuan perangkat lain. Focusky adalah software yang digunakan untuk membuat bahan ajar presentasi yang interaktif dan menarik dengan efek pembesaran dan pergeseran, serta dapat memasukkan video, audio, animasi, slide, teks, atau grafik dengan mudah tanpa harus memiliki keahlian mendesain media karena pengguna hanya perlu memilih template yang sesuai dan mengunduh template tersebut. Minat ibelajar merupakaniilsuatuiikkekuatanikalamiahikyanginberasal dari dalamadiriaseseorangayangilmemungkinkanipesertaiididik terlibatidalam kegiatan belajaraidanaimemperoleh keterampilan dan pengalaman. Minat belajar sejarah disini dapat diartikan sebagai keinginan pada mata pelajaran sejarah yang cenderung merasa tertarik dan senang serta penuh kesadaran dalam mempelajari sejarah. Penelitian ini mengacu pada indikator minat belajar yaitu yang terdiri dari minat emosional, minat kognitif, dan keterlibatan. Jenis penelitian iniliadalah lpenelitianlikuantitatiflidengan menggunakan metode eksperimen (experimental research) dan desain pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Leces dengan jumlah 60 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 selama bulan Oktober-November. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh nilai uji validitas >0,05 yang berarti valid, uji reliabilitas memperoleh nilai Sig. 0,888 yang berarti reliabel atau memiliki konsistensi sangat tinggi, selanjutnya uji normalitas Kolmogorov Smirnov memperoleh nilai (pretest eksperimen = 0,093), (posttest eksperimen = 0,200), (pretest kontrol = 0,126), (posttest kontrol = 0,200) yang berarti data berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas sampel memperoleh nilai (pretest eksperimen = 0,540), (posttest eksperimen = 0,603), (pretest kontrol = 0,092), (posttest kontrol = 0,169) yang berarti populasi penelitian memiliki ragam yang homogen. Selanjutnya uji linearitas terdapat indikasi hubungan linear (garis lurus). Selanjutnya pada uji homogenitas regresi diperoleh Sig. 0,248 yang menunjukkan adanya interaksi yang signifikan antara sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji Ancova diperoleh nilai Fear of Statistics Test, F (184.753), p (0,00), dan Partial Eta Squared (0,764) yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik di kelas XI IPS 2 setelah diberi perlakuan media focusky lebih besar dibandingkan kelas XI IPS 3 yang tidak mendapatkan perlakuan media focusky. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media focusky efektiv digunakan untuk meningkatkan minat belajar sejarah kelas XI IPS.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Mohamad Na'im, M.Pd Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Eden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectFOCUSKYen_US
dc.subjectMINAT BELAJARen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN SEJARAHen_US
dc.titleEfektivitas Penggunaan Media Focusky terhadap Minat Belajar Sejarah Kelas XI SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Mohamad Na'im, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Eden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record