Show simple item record

dc.contributor.authorKHOTIMAH, Ima Husnul
dc.date.accessioned2024-08-14T02:18:59Z
dc.date.available2024-08-14T02:18:59Z
dc.date.issued2023-09-07
dc.identifier.nim170210103037en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123856
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project-Based Learning (PjBL) berbasis STEM pada topik pencemaran lingkungan terhadap creative and critical thinking siswa SMA. Permasalahan sampah masker di Indonesia sepanjang pandemi COVID-19 jumlahnya meningkat 30% hingga 50%. Sampah masker seringkali ditemukan di TPS dengan volume yang terus bertambah. Penerapan model PjBL berbasis STEM dapat memunculkan creative dan critical thinking yang baik. Memadukan model PjBL dengan pendekatan STEM adalah cara efektif untuk menangani masalah sampah masker. Jenis penelitian ini quasi eksperiment menggunakan dua kelas uji dengan pretest-posttest control group design. Tahapan penelitian dimulai merumuskan masalah hingga menarik kesimpulan. Hasil uji hipotesis penelitian dilakukan uji t-test berdasarkan nilai sig. (2-talied) 0,000 dengan nilai t creative thinking (6,530) dan nilai t critical thinking (8,197). Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan model PjBL-STEM dapat diterapkan dalam pembelajaran Biologi agar siswa terlatih keterampilan creative and critical thinking.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPencemaran Lingkunganen_US
dc.subjectPJBL-STEMen_US
dc.subjectCreative Thinkingen_US
dc.subjectCritical Thinkingen_US
dc.titlePengaruh Model Project-Based Learning Berbasis STEM pada Topik Pencemaran lingkungan terhadap Creative and Critical Thinking Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Slamet Hariyadi, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bevo Wahono, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record