Show simple item record

dc.contributor.authorMULYASANTI, Stefani Dewi
dc.date.accessioned2024-08-14T01:48:32Z
dc.date.available2024-08-14T01:48:32Z
dc.date.issued2023-07-17
dc.identifier.nim160210204059en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123825
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 14 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPentingnya pendidikan dalam kehidupan, karena pendidikan merupakan sebuah proses dimana peserta didik belajar secara aktif mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sendiri. Pembelajaran berbasis tematik integratif (terpadu) guru masih melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan menggunakan metode ceramah. Sehingga peserta didik tidak bosan atau jenuh selain itu peserta didik dapat mengembangkan cara berpikirnya sesuai dengan umurnya. Inovasi pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat dipadukan dengan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dapat memberikan pemahaman kepada siswa bahwa masyarakat lokal sebagai sumber untuk belajar selain itu juga akan memberikan pengalaman kepada siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 di SD Negeri Jember Lor 02 Jember. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pembelajaran pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 di SD Negeri Jember Lor 02 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimental Semu (Quasi-Eksperimen research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri Jember Lor 02 Jember yang berlokasi di Jalan Mawar No. 70 Jember. Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini berjumlah 58 siswa-siswi yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA berjumlah 29 siswa/i dan kelas VB berjumlah 29 siswa/i. Sampel pada penelitian ini menggunakan uji homogenitas bantuan program SPSS (Statistical Packege For Social Sciences) PC versi 26 dengan uji Levence. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada 2 macam yaitu : (1) perlakuan (treatment); dan (2) tes. Ada dua kelas dengan perlakuan berbeda yaitu kelas perlakuan pembelajaran pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berbasis kearifan lokal dan kelas perlakuan pembelajaran model konvensional (ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan). Tes yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda sejumlah 40 soal yang diberikan saat pretest dan posttest. Pretest dilakukan sebelum mendapatkan perlakuan model pembelajaran, sedangkan posttest bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Instrumen pada soal telah disusun sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini adalah independent samples t-test atau uji-t dengan menghitung data selisih antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen (x) dengan selisih nilai pretest dan posttest kelas kontrol (y) dimana nilai t tersebut dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu sebesar 7,266 > 0,678, sehingga hipotesis alternatif (Hα) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Setelah mendapat nilai uji-t maka dilanjutkan dengan menghitung uji keefektifan relatif. Hasil perhitungan keefektifan relatif (ER) sebesar 61,3% yang termasuk pada kategori keefektifan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember lebih tinggi yaitu 61,3% dibandingkan dengan pembelajaran ceramah, diskusi kelompok, dan penugasan sedangkan 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V tema peristiwa dalam kehidupan subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan pada pembelajaran 4 di SD Negeri Jember Lor 03 Jember.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I : Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II : Dyah Ayu Puspitaningrum, SE, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)en_US
dc.subjectKEARIFAN LOKAL JEMBERen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR IPSen_US
dc.titlePengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Kearifan Lokal Jember terhadap Hasil Belajar IPS Siswa kelas V Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 SD Negeri Jember Lor 02 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, SE, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 21 November 2023en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record