dc.contributor.author | DZAKY, Ammar | |
dc.date.accessioned | 2024-08-14T01:48:29Z | |
dc.date.available | 2024-08-14T01:48:29Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.nim | 180210101135 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123824 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 14 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Matematika merupakan ilmu tentang bilangan, hubungan antar bilangan,
dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai
bilangan. Dalam menyelesaikan permasalahan matematika, siswa harus dapat
memahami konsep dan mampu mengkomunikasikan strategi penyelesaian dalam
bentuk tulisan (Aryanto et al., 2018). Proses belajar mengajar matematika tidak
hanya sekedar memberikan pengetahuan tetapi dapat membentuk sikap positif pada
siswa. Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang
untuk mengekspresikan ide-ide tentang persoalan-persoalan yang ada. Kemampuan
komunikasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pentingnya dalam
proses berpikir, menghubungkan gagasan dengan ide lain yang berguna untuk
melengkapi kekurangan yang ada dikeseluruhan ide-ide siswa (Prastiwi et al.,
2019).
Dirumuskan bahwa masalah yang akan diteliti yaitu bagaimana kemampuan
komunikasi matematis dari siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dari siswa SMP dalam
menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Berdasarkan
pertimbangan belum diketahuinya kemampuan komunikasi matematis siswa kelas
9 SMP Negeri 1 Banyuputih dalam menyelesaikan soal SPLDV, maka dipilihlah
SMP Negeri 1 Banyuputih yang berada di Kecamatan Banyuputih Kabupaten
Situbondo sebagai tempat penelitian. Waktu pengambilan data dilaksanakan mulai
tanggal 18-19 Agustus 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Pada penelitian ini akan ditentukan mengenai kemampuan komunikasi matematis berdasarkan karakteristik komunikasi matematis siswa SMPN 1 Banyuputih kelas
IX-B sebanyak 5 siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai kemampuan komunikasi
matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua
variabel adalah sebagai berikut:
a. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat tinggi yaitu
memiliki empat ciri-ciri karakteristik komunikasi matematis yaitu ketepatan,
kelengkapan, kelancaran, dan sistematis.
b. Siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat menengah
yaitu memiliki tiga ciri-ciri karakteristik komunikasi matematis yaitu
ketepatan, kelancaran, dan sistematis.
c. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat
rendah hanya memenuhi satu karakteristik komunikasi matematis yaitu
ketepatan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd
Pembimbing Anggota Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS | en_US |
dc.subject | SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) | en_US |
dc.subject | MENYELESAIKAN SOAL | en_US |
dc.title | Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dra. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ervin Oktavianingtyas, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 14 Agustus 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |