Show simple item record

dc.contributor.authorANTIKA, Manda Nevy
dc.date.accessioned2024-08-13T04:02:45Z
dc.date.available2024-08-13T04:02:45Z
dc.date.issued2023-10-31
dc.identifier.nim180210301131en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123754
dc.descriptionFinalisasi repositori tanggal 13 Agustus 2024_Kurnadi_Raraen_US
dc.description.abstractPandemi Covid – 19 yang mewabah di Indonesia mulai dari Maret 2020 hingga 2022 berdampak besar terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Hal yang cukup memprihatinkan terjadi pada aspek kesehatan dan ekonomi. Untuk memutus rantai penyebaran Covid – 19 ini diberlakukannya kebijakan dari pemerintah tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang terjadi di masyarakat. Maka dari itu melumpuhkan banyak sekali sektor usaha di Indonesia, khususnya hal ini terjadi pada sektor usaha pariwisata. Sektor pariwisata menjadi suatu sektor yang sangat potensial dan strategis untuk mengembangkan suatu perekonomian daerah dan nasional. Sektor pariwisata ini meliputi banyak entitas usaha, biasanya terdiri dari pelayanan perjalanan, transportasi, restoran, penginapan, dan pengembangan daerah tujuan wisata, usaha penjualan barang cendera mata atau souvenir. Maka dari itu selain menjadi sektor yang paling potensial tetapi juga menjadi sektor yang paling rentan terhadap kerugian yang berakibat dari ruang lingkup yang saling berkesinambungan. Adanya pandemi Covid – 19 ini menyebabkan sektor pariwisata menjadi lesu akibat adanya penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Ekowisata Kampung Blekok Situbondo merupakan salah satu sektor pariwisata yang sangat potensial di kawasan pesisir Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Ekowisata ini salah satu sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid – 19. Terjadi penutupan total selama beberapa bulan dan hal tersebut berdampak pada pendapatan ekowisata yang mengalami kerugian cukup besar sehingga berimbas pada permasalahan lainnya. Permasalahan lainnya yang terjadi adalah masyarakat sekitar yang bergantung pada ekowisata tersebut seperti para pedagang kerajinan maupun pedagang makanan kehilangan pendapatannya dan harus memutar otak untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini juga berdampak pada beberapa tenaga kerja di Ekowisata Kampung Blekok yang harus kehilangan pekerjaannya karena mengalami kerugian yang cukup besar. Sehingga setelah dua tahun berlalu dan Covid – 19 telah dinyatakan tidak mewabah lagi para pengurus Ekowisata harus memutar otak agar kembali pulih pasca pandemi Covid – 19. Oleh sebab itu, para pengurus Ekowisata Kampung Blekok khususnya Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), DLH (Dinas Lingkungan Hidup) melakukan suatu strategi promosi salah satunya storynomics tourism pasca pandemi Covid – 19. Jenis penelitisn ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di Ekowisata Kampung Blekok, Kawasan Pesisir Timur, Dusun Kraja Barat, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo. Sumber data ini diperoleh dari hasil wawancara kepada informan utama dan informan pendukung. Dokumen yang diperoleh yaitu, data jumlah wisatawan, data pendapatan, data fasilitas wisata, data struktur organisasi, data storynomics tourism. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Analisis konten , analisis semiotika digunakan sebagai pendekatan dalam suatu analisis teks, baik verbal maupun non verbal. Teknik pemeriksaan keabsahan data yakni triangulasi dengan sumber data, triangulasi dengan metode, triangulasi dengan teori, triangulasi dengan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi storynomics tourism pada Ekowisata Kampung Blekok diterapkan berdasarkan kolaborasi antara Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Penerapan tersebut mereka lakukan secara online maupun offline untuk menarik kunjungan wisatawan. Strategi promosi storynomics tourism yang diterapkan secara online melalui media sosial serta website Ekowisata Kampung Blekok dan yang diterapkan secara offline melalui Word of Mouth (WOM) atau dari mulut ke mulut. Strategi promosi storynomics tourism yang menjadi prioritas Ekowisata tersebut adalah tentang konservasi alam hutan mangrove dan pelestarian burung blekok yang menjadi icon wisata. Strategi promosi storynomics tourism pada Ekowisata Kampung Blekok menggunakan konsep awareness (kesadaran), experience (pengalaman), memory (kenangan), testimoni (testimoni). Strategi promosi storynomics tourism pada Ekowisata Kampung Blekok pasca pandemi covid – 19 cukup efektif. Strategi promosi storynomics tourism ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk memulihkan kunjungan wisatawan Ekowisata Kampung Blekok Situbondo pasca pandemi. Keterpurukan yang terjadi selama pandemi tidak membuat ekowisata ini menyerah untuk membangkitkan kembali eksistensinya. Usaha yang telah dilakukan ini secara bertahap agar kondisinya kembali stabil seperti sebelum adanya pandemi covid – 19. Strategi promosi storynomics tourism yang telah diterapkan mengalami perubahan cukup signifikan terhadap ekowisata. Kembalinya kunjungan wisatawan membuat ekowisata ini bangkit dari keterpurukan sehingga menaikkan pendapatan Ekowisata Kampung Blekok Situbondo. Strategi promosi storynomics tourism perlu dikembangkan agar lebih luas lagi menarik perhatian wisatawan untuk memutuskan berkunjung ke Ekowisata Kampung Blekok Situbondo. Mengingat banyak sekali kompetitor desa wisata lainnya yang memiliki potensi.en_US
dc.description.sponsorship1. Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P; 2. Dwi Herlindawati, S.Pd, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectStrategi Promosien_US
dc.subjectStorynomics Tourismen_US
dc.subjectWord of Mouthen_US
dc.subjectEkowisataen_US
dc.titleStrategi Promosi Storynomics Tourism pada Ekowisata Kampung Blekok Situbondo Pasca Pandemi Covid - 19en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dwi Herlindawati, S.Pd, M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_januari_2024_15en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record