Show simple item record

dc.contributor.authorHASANAH, Alfina Rizki
dc.date.accessioned2024-08-13T03:18:12Z
dc.date.available2024-08-13T03:18:12Z
dc.date.issued2023-08-31
dc.identifier.nim1802103020003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123721
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 13 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractPerkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sejalan dengan pesatnya arus globalisasi saat ini. Negara di berbagai belahan dunia terus meningkatkan penggunaan teknologi di bidang pendidikan. Beberapa permasalahan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yaitu : (1) pendidik tidak menyampaikan tujuan pembelajaran di awal pertemuan; (2) pendidik tidak melakukan pengulangan materi yang telah digerakkan pada pertemuan sebelumnya di awal pembelajaran; (3) pendidik hanya menggunakan buku paket sebagai sumber pembelajaran; (4) pendidik tidak merumuskan tujuan pembelajaran; (5) pendidik menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas kepada siswa. Berdasarkan permasalahan diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap produk media video Muvizu pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IPS SMA menggunakan model 4D?, (2) Bagaimana efektivitas media video Muvizu dalam meningkatkan historical thinking skill pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IPS 2 SMAN Tamanan ? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan produk berupa aplikasi Muvizu pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X SMA dengan model 4D pada pokok bahasan Kebudayaan Megalitik, (2) Meningkatkan historical thinking skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Peminatan melalui penggunaan media pembelajaran yang efektif yaitu media video Muvizu. Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi muvizu untuk meningkatkan historical thinking skill para peserta didik pada mata pelajaran sejarah sebelum diterapkan terlebih dahulu dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Berdasarkan kajian dan penilaian dari ahli materi dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata skor 3,58 yang dapat diartikan bahwa produk yang dikembangkan masuk ke dalam klasifikasi baik dengan sedikit melakukan revisi. Berdasarkan hasil penilaian produk yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan bahwa penilaian sebesar 3,8 dari skor rata-rata yang dapat diartikan bahwa produk yang dikembangkan memiliki klasifikasi sangat baik tanpa perlu adanya revisi. Kajian dan penilaian yang dilakukan oleh ahli bahasa terhadap materi pada media yang dikembangkan menunjukkan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,8 yang diartikan bahwa klasifikasi materi dalam media yang dikembangkan sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai mean pada pre test dan post test. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai post test lebih tinggi daripada nilai pre test sebesar 29,55. Begitu juga hasil uji coba kelompok besar yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mampu meningkatkan historical thinking skill para peserta didik. Hal ini ditunjukkan nilai post test lebih besar daripada nilai pre test dengan selisih mean 31,54. Berdasarkan hasil uji coba di atas menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video berbasis aplikasi muvizu terbukti efektif untuk meningkatkan historical thinking skill para peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Tamanan. Peningkatan historical thinking skill para peserta didik berdasarkan pre test dan post test menunjukkan pada kelompok kecil ditemukan nilai rata-rata pre test sebesar 55,78. Setelah menggunakan media yang dikembangkan meningkat nilai post test sebesar 85,33. Begitu juga pada uji kelompok besar yang diakumulasikan nilai rata-rata pada pre test sebesar 57,35. Setelah menggunakan media yang dikembangkan meningkat nilai rata-rata sebesar 85,81. Dapat disimpulkan penggunaan media video berbasis aplikasi muvizu mampu meningkatkan historical thinking skill para peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Mohamad Na'im, M.Pd Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Eden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectHISTORICAL THINKING SKILLen_US
dc.subjectSITUS WONOBOYOen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Sejarah Video Muvizu Situs Megalitik Wonoboyo dan Efektivitasnya Terhadap Historical Thinking Skillen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Mohamad Na’im, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Eden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_Maret_2024_25en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record