dc.contributor.author | HASANAH, Alfina Rizki | |
dc.date.accessioned | 2024-08-13T03:18:12Z | |
dc.date.available | 2024-08-13T03:18:12Z | |
dc.date.issued | 2023-08-31 | |
dc.identifier.nim | 1802103020003 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123721 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 13 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sejalan dengan pesatnya
arus globalisasi saat ini. Negara di berbagai belahan dunia terus meningkatkan
penggunaan teknologi di bidang pendidikan. Beberapa permasalahan berdasarkan
hasil observasi dan wawancara yaitu : (1) pendidik tidak menyampaikan tujuan
pembelajaran di awal pertemuan; (2) pendidik tidak melakukan pengulangan
materi yang telah digerakkan pada pertemuan sebelumnya di awal pembelajaran;
(3) pendidik hanya menggunakan buku paket sebagai sumber pembelajaran; (4)
pendidik tidak merumuskan tujuan pembelajaran; (5) pendidik menggunakan
metode ceramah dan pemberian tugas kepada siswa.
Berdasarkan permasalahan diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu (1) Bagaimana hasil validasi ahli terhadap produk media video Muvizu pada
mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IPS SMA menggunakan model 4D?,
(2) Bagaimana efektivitas media video Muvizu dalam meningkatkan historical
thinking skill pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X IPS 2 SMAN
Tamanan ?
Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan produk berupa aplikasi
Muvizu pada mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas X SMA dengan model 4D
pada pokok bahasan Kebudayaan Megalitik, (2) Meningkatkan historical thinking
skill peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Peminatan melalui penggunaan
media pembelajaran yang efektif yaitu media video Muvizu.
Pengembangan media pembelajaran video berbasis aplikasi muvizu untuk
meningkatkan historical thinking skill para peserta didik pada mata pelajaran
sejarah sebelum diterapkan terlebih dahulu dilakukan validasi oleh ahli materi,
ahli bahasa, dan ahli media. Berdasarkan kajian dan penilaian dari ahli materi
dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata skor 3,58 yang dapat diartikan bahwa
produk yang dikembangkan masuk ke dalam klasifikasi baik dengan sedikit
melakukan revisi. Berdasarkan hasil penilaian produk yang dikembangkan oleh
ahli media menunjukkan bahwa penilaian sebesar 3,8 dari skor rata-rata yang
dapat diartikan bahwa produk yang dikembangkan memiliki klasifikasi sangat
baik tanpa perlu adanya revisi. Kajian dan penilaian yang dilakukan oleh ahli
bahasa terhadap materi pada media yang dikembangkan menunjukkan perolehan
nilai rata-rata sebesar 3,8 yang diartikan bahwa klasifikasi materi dalam media
yang dikembangkan sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi.
Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan
nilai mean pada pre test dan post test. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai
post test lebih tinggi daripada nilai pre test sebesar 29,55. Begitu juga hasil uji
coba kelompok besar yang menunjukkan bahwa media yang dikembangkan
mampu meningkatkan historical thinking skill para peserta didik. Hal ini
ditunjukkan nilai post test lebih besar daripada nilai pre test dengan selisih mean
31,54. Berdasarkan hasil uji coba di atas menunjukkan bahwa penggunaan media
pembelajaran video berbasis aplikasi muvizu terbukti efektif untuk meningkatkan
historical thinking skill para peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Tamanan.
Peningkatan historical thinking skill para peserta didik berdasarkan pre
test dan post test menunjukkan pada kelompok kecil ditemukan nilai rata-rata pre
test sebesar 55,78. Setelah menggunakan media yang dikembangkan meningkat
nilai post test sebesar 85,33. Begitu juga pada uji kelompok besar yang
diakumulasikan nilai rata-rata pada pre test sebesar 57,35. Setelah menggunakan
media yang dikembangkan meningkat nilai rata-rata sebesar 85,81. Dapat
disimpulkan penggunaan media video berbasis aplikasi muvizu mampu
meningkatkan historical thinking skill para peserta didik. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Mohamad Na'im, M.Pd
Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | HISTORICAL THINKING SKILL | en_US |
dc.subject | SITUS WONOBOYO | en_US |
dc.subject | PROBLEM BASED LEARNING | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Video Muvizu Situs Megalitik Wonoboyo dan Efektivitasnya Terhadap Historical Thinking Skill | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Mohamad Na’im, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Maret_2024_25 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |