Show simple item record

dc.contributor.authorRamadani, M. Rois
dc.date.accessioned2024-08-12T04:08:07Z
dc.date.available2024-08-12T04:08:07Z
dc.date.issued2024-07-16
dc.identifier.nim190210301123en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123499
dc.description.abstractPada era modern ini dibutuhkan setiap individu masyarakat terutama generasi muda agar tidak berperilaku gaya hidup konsumtif. Generasi muda bergaya hidup atau berperilaku konsumtif maka tentu akan mempengaruhi keuangannya. Sehingga para generasi muda seharusnya mendapat edukasi finansial agar para generasi muda dapat mengelola keuangan dengan tepat. Adanya edukasi literasi keuangan akan menjadikan tiap individu berupaya untuk memilih berbagai produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan prioritas kebutuhan keuangan mereka. Generasi muda perlu memahami dengan benar manfaat dan risiko serta mengetahui hak dan kewajiban dalam menggunakan produk - produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan kondisi keuangan meraka. Semakin berkembangnya teknologi literasi keuangan memiliki perananan penting dalam kehidupan manusia. Maka dari itu, adanya teknologi yang semakin berkembang menghasilkan suatu inovasi baru yaitu Financial Technology. Salah satu fasilitas yang menonjol dari inovasi Financial Technology yaitu kemudahan dalam transaksi atau pembayaran berupa uang elektronik atau pembayaran digital sehingga memberikan nilai tambah pada keamanan dimana masyarakat tersebut tidak perlu lagi untuk membawa uang kertas dalam jumlah banyak, yang nanti bisa membawa rasa aman bagi konsumen yang akan bertransaksi dan tentunya hal tersebut akan lebih memberikan rasa nyaman bagi konsumen. Observasi awal menunjukkan mahasiswa dapat mengendalikan keuangannya kerana pembayaran digital yang banyak diskon, mudah dan praktis. Hal tersebut yang membuat mahasiswa terpengaruh untuk melakukan transaksi keuangan menggunakan pembayaran digital. Maka dari itu meraka sudah sepenuhnya bisa mengontrol keuangannya dengan baik dan bijak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian yang digunakan adalah program studi pendidikan ekonomi universitas jember, dengan responden mahasiswa angkatan tahun 2019 dan tahun 2020 sebanyak 60 mahasiswa yang telah melaksanakan pembayaran digital lebih dari lima kali dan telah malakukan magang diperbankan. Sampel pada penelitan ini yakni 60 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember menunjukan literasi keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadapa keputusan penggunaan pemabayaran digital pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas jember. Hal ini di buktikan dengan literasi keuangan (X) memperoleh nilai thitung sebesar 4,907 dan nilai thitung tersebut memiliki nilai lebih besar dari ttabel yang memiliki nilai sebesar 1,670. Sedangkan dilihat dari hasil uji koefisien determinasi yang menunjukan bahwa literasi keuangan berpengaruh sebesar 62,4% terhadap keputusan pengunaan pembayaran digital dan 37,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti Inklusi Keuangan terhadap keputusan penggunaan pemabayaran digitalen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Hety Mustika Ani, M.Pd Pembingbing Anggota Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectLiterasi Keuanganen_US
dc.subjectPembayaran Digitalen_US
dc.titlePengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Penggunaan Pembeyaran Digital pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Hety Mustika Ani, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 Agustus 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record