dc.contributor.author | FIRMANSYAH, Moh. Imam | |
dc.date.accessioned | 2024-08-09T07:55:03Z | |
dc.date.available | 2024-08-09T07:55:03Z | |
dc.date.issued | 2024-01-11 | |
dc.identifier.nim | 200210301001 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123316 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 9 Agustus 2024_Kurnadi_Rara | en_US |
dc.description.abstract | Mata pelajaran dasar-dasar pemasaran materi bisnis dan pemasaran mengalami
kesulitan dalam menerima materi dikarenakan mata pembelajaran dasar-dasar
pemasaran banyak menggunakan bahasa asing, hanya mengandalkan penjelasan guru
dan mencatat materi yang disampaikan, karena buku pegangan siswa terbatas. Materi
harus mampu memberikan pemahaman siswa, perlu adanya media yang dapat
menunjang pembelajaran seperti gambaran, video, maupun soal-soal yang mencapai
tujuan yang diharapkan. Situasi penggunaan smartphone di dalam kelas diperbolehkan
oleh pihak sekolah untuk mencari materi atau informasi selama proses pembelajaran
berlangsung. Media pembelajaran digunakan disekolah Microsoft Powerpoint, buku
paket, dan LKS. Dapat dikatakan bahwa media pembelajaran belum sepenuhnya
menggunakan bantuan TIK, sehingga peneliti ingin memberikan tambahan media
pembelajaran untuk SMKN 1 Kraksaan yaitu, media pembelajaran berbasis android.
Ada beberapa kelemahan media pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik
dikarenakan berisi teks materi saja. Selain itu, kekurangan fasilitas dikarenakan
rusaknya proyektor LCD di kelas dan mayoritas siswa kelas X Pemasaran tidak
mempunyai laptop melainkan hanya smartphone, hanya mengandalkan laboratorium
komputer pemasaran yang diberikan fasilitas per kelas satu minggu sekali. Oleh karena
itu, peneliti kini berupaya mengembangkan media pembelajaran berbasis android
untuk siswa mampu menerima materi pembelajaran sesuai dengan tujuan
pembelajaran yang diharapkan
Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model
pengembangan 4-D (Four-D) mempunyai empat tahapan yaitu, define, design,
develop, tanpa menggunakan disseminate. Pengembangan media yang dilakukan
dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis android. Uji kelayakan produk oleh tim ahli materi dan ahli desain. Uji coba kelompok terbatas dilakukan pada siswa
kelas X Pemasaran SMKN 1 Kraksaan sebanyak 10 siswa yang diambil secara acak
dengan memilih siswa kurang pintar, biasa sampai siswa yang terpintar sebagai peserta
uji coba kelompok terbatas dari kelas X Pemasaran di SMKN 1 Kraksaan. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji tingkat kelayakan materi
dan desain, serta uji tingkat kemenarikan.
Hasil draf I rata-rata skor 91,42% yang dilakukan validasi oleh Tatiek
Setyorini, S.E sebagai validator materi diberikan beberapa masukan dan saran untuk
diganti soalnya cerita berbasis HOTS berkaitan dengan materi bisnis dan pemasaran
agar tidak terlalu sederhana 10 soal subjektif. Hasil uji draf II dengan nilai rata-rata
skor 92,28%. Dengan masukan dan saran sesuai ahli media untuk memenuhi
kesempurnaan kelayakan media pembelajaran berbasis android. Dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran berbasis android dikategorikan sebagai media
pembelajaran yang sangat layak.
Hasil rata-rata skor validasi desain draf I sebesar 92,28%. Dengan masukan
dan saran Fitriya Pramunita, S.T sebagai validator desain media bahwa ada yang perlu
direvisi mengenai tombol skor yang tidak munculnya dan perbaikan mengenai tombol
salah akan pindah soal selanjutnya. Revisi draf II dilakukan untuk menyempurnakan
media pembelajaran agar dikatakan layak digunakan. Berdasarkan hasil desain yang
diperoleh materi uji darf II skor rata-rata sebesar 97,17%. Dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran berbasis android dikategorikan sebagai media pembelajaran yang
sangat layak.
Berdasarkan hasil dari rata-rata perolehan hasil dari responden sebesar 92%.
Dapat disimpulkan, media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan dapat
dikategorikan dapat dikatakan sangat menarik. Dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran berbasis android yang dikembangkan sangat layak dari hasil kelayakan
materi dan kelayakan desain, serta untuk mendukung kelayakan media pembelajaran
didukung oleh hasil respons siswa yaitu sangat menarik untuk digunakan pada materi
bisnis dan pemasaran pada siswa kelas X Pemasaran SMKN 1 Kraksaan. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.
2. Dr. Hety Mustika Ani, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran Berbasis Android | en_US |
dc.subject | Siswa SMK Materi Bisnis dan Pemasaran. | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Bisnis dan Pemasaran pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kraksaan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Hety Mustika Ani, M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 24 Januari 2024 | en_US |