dc.contributor.author | LUDIVIA, Delta Martha | |
dc.date.accessioned | 2024-08-09T07:27:25Z | |
dc.date.available | 2024-08-09T07:27:25Z | |
dc.date.issued | 2024-01-15 | |
dc.identifier.nim | 170210204034 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123296 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 9 Agustus 2024_Kurnadi_Lana | en_US |
dc.description.abstract | Model pembelajaran discovery-learning adalah seperangkat model mengajar
yang menggunakan permasalahan sebagai suatu konteks dan dihadapkan kepada
siswa untuk merangsang kemampuan dan mengembangkan keterampilan, materi,
pengaturan diri agar siswa dapat berfikir kritis dan kreatif, dapat beradaptasi
terhadap perubahan dan kemampuan evaluasi diri. Permasalahan yang sering
ditemui guru pada saat proses pembelajaran berlangsung adalah aktivitas dan hasil
belajar siswa yang masih rendah. Dalam hasil belajar diperoleh skor dari 27 siswa
hanya 11 siswa yang mencapai nilai standar ≥ 70, sedangkan 8 siswa mendapatkan
nilai yang cukup, dan 8 siswa mendapatkan nilai dibawah 70. Untuk mengatasi
permasalahan tersebut maka perlu diterapkan model pembelajaran discoverylearning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Tema 6 Panas dan
Perpindahannya pada siswa kelas V di SDN Lojejer 02 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
dilaksanakan di SDN Lojejer 02 Jember pada semester genap dengan Tema Panas
dan Perpindahannya. Adapun subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V yang
berjumlah 27 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan alokasi waktu 4 x
35 menit. Hasil dan pembahasan dalam penelitian menunjukkan bahwa presentase
rata-rata aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 20% pada siklus I dari 68%
menjadi 88% (aktif), sedangkan pada siklus II naik 8% menjadi 96% (sangat aktif).
Skor rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas V SDN Lojejer 02 juga mengalami
peningkatan skor rata-rata pada siklus I sebesar 3% menjadi 65% (cukup) dan siklus
II naik 9% menjadi 74% (baik).
Kesimpulan penelitian ini yaitu, dengan menggunakan model pembelajaran
discovery-learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran
yang ingin disampaikan yaitu, guru mampu meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar yang menggunakan model discovery-learning. Bagi peneliti, hendaknya
peneliti menyiapkan rencana sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolah, serta
dapat mengembangkan metode pembelajaran yang bervariasi agar dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. Agustiningsih S.Pd.,M.Pd.
2. Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Discovery Learning | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Aktivitas Belajar | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SDN Lojejer 02 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Arik Aguk Wardoyo, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_januari_2024_23 | en_US |