ANALISIS DESKRIPTIF LEVEL PERTANYAAN PADA SOAL UJIAN NASIONAL (UNAS) MATEMATIKA SMP KABUPATEN JEMBER TAHUN 2005-2007 BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UNAS sebagai penentu kelulusan siswa yang kompeleksitas soalnya perlu disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa SMP. Taksonomi SOLO (The Structure of The Observed Learning Outcome) atau struktur hasil belajar yang teramati mengklasifikasikan kualitas hasil belajar siswa dan merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menentukan tingkat kesulitan atau
kompleksitas suatu soal atau pertanyaan, sehingga akan diperoleh level pertanyaan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase masing-masing level pertanyaan berdasarkan Taksonomi SOLO pada soal Ujian Nasional (UNAS) Matematika SMP Kabupaten Jember tahun 2005-2007.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu mengklasifikasikan dan mencari persentase masing-masing level pertanyaan pada soal UNAS Matematika SMP
Kabupaten Jember Tahun 2005-2007 berdasarkan Taksonomi SOLO. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data berupa data kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus untuk menghitung persentase masingmasing level pertanyaan pada soal UNAS Matematika SMP Kabupaten Jember Tahun 2005-2007 berdasarkan Taksonomi SOLO.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa, untuk soal UNAS tahun 2005 yang terdiri dari 31 pertanyaan dari 30 soal adalah 3 pertanyaan atau 9,68% berada pada level unistruktural; 14 pertanyaan atau 45,16%
berada pada level multistruktural; 14 pertanyaan atau 45,16% berada pada level relasional; dan tidak terdapat pertanyaan atau 0% berada pada level abstrak diperluas.
Untuk soal UNAS tahun 2006 yang terdiri dari 30 pertanyaan dari 30 soal diperoleh 3 pertanyaan atau 10% berada pada level unistruktural; 16 pertanyaan atau 53,33% berada pada level multistruktural; 11 pertanyaan atau 36,67% berada pada level relasional; dan tidak terdapat pertanyaan atau 0% berada pada level abstrak diperluas, untuk soal UNAS tahun 2007 yang terdiri dari 30 pertanyaan dari 30 soal diperoleh 5 pertanyaan atau 16,67% berada pada level unistruktural; 12 pertanyaan atau 40,00% berada pada level multistruktural; 13 pertanyaan atau 43,33% berada pada level relasional; dan tidak terdapat pertanyaan atau 0% berada pada level abstrak diperluas.