dc.description.abstract | Kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia sehingga menjadi hal
yang wajar jika sektor kesehatan mendapat prioritas dalam penanganan dan
pemenuhannya. Kesehatan adalah pelayanan publik yang bersifat mutlak dan erat
kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Salah satu wujud nyata penyediaan
layanan publik di bidang kesehatan adalah adanya puskesmas. Puskesmas sebagai
tempat pelayanan publik yang bergerak pada sektor kesehatan seharusnya mampu
untuk memenuhi kebutuhan tersebut untuk masyarakat. Dengan sistem pelayanan
kesehatan yang baik puskesmas diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan
kesehatan masyarakat baik secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas.
Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia sering kita dapati sebagai pelayanan
yang kurang memuaskan di mata masyarakat. Sehingga dari situlah kualitas
pelayanan harus segera dibenahi agar masyarakat tidak memberikan
pandangan yang
negatif terhadap pelayanan yang ada di Indonesia, tidak terkecuali dengan Puskesmas
Kanigaran Kota Probolinggo yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Dinas
Kesehatan Kota Probolinggo yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan.
Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo dituntut oleh masyarakat untuk memberikan
pelayanan yang memuaskan dan sesuai dengan harapan masyarakat.
Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo yang
beralamat di Jl. Cokroaminoto No. 29
Probolinggo. Penelitian dilakukan dari bulan
Maret sampai dengan bulan Agustus 2012. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sedangkan sampel yang diambil dalam
penelitian ini sebesar 150 orang/ responden dengan menggunakan teknik sampling
vii
sampling insidental. Selanjutnya untuk menghitung atau menganalisis data dari hasil
kuesioner menggunakan pedoman penyusunan indeks kepuasan masyarakat yang
mana kualitas pelayanan akan diketahui setelah mengetahui tingkat kepuasan
masyarakat terhadap pelayanan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat
pada pelayanan Puskesmas Kanigaran menunjukkan mutu pelayanan dengan kategori
B yang dapat dikatakan Baik. Mutu pelayanan mendapatkan kategori baik karena bila
dilihat dari tabel nilai persepsi, interval IKM, Interval Konversi IKM, Mutu
Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan maka kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan Puskesmas Kanigaran mendapatkan nilai persepsi 3, dengan nilai interval
IKM 3,06 yaitu berada pada nilai interval antara nilai 2,51 – 3,25. Apabila nilai
tersebut dikonversikan ke nilai interval konversi IKM maka kepuasan masyarakat
pada pelayanan Puskesmas Kanigaran mendapatkan nilai 76,52 dengan mutu
pelayanan B yaitu Baik. | en_US |