Show simple item record

dc.contributor.authorHANI, Kiki Nofita
dc.date.accessioned2024-08-08T03:48:32Z
dc.date.available2024-08-08T03:48:32Z
dc.date.issued2023-07-20
dc.identifier.nim190210303030en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123131
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian posttest only control group design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya pada Kehidupan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran treffinger berdampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai kelas eksperimen pada kemampuan berpikir kritis mencapai 72,45 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memiliki nilai rata-rata 51,53. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dikelas eksperimen mencapai nilai 79,85 sedangkan pada kelas kontrol 46,47. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikasi pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa yakni 0,000 atau kurang 0,05 yang berarti hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Treffingeren_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof.Dr. Sri Astutik, M. Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fahmi Arif Kurnianto, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorrevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record