dc.contributor.author | Abdullah, Syauqi | |
dc.date.accessioned | 2024-08-08T01:44:47Z | |
dc.date.available | 2024-08-08T01:44:47Z | |
dc.date.issued | 2024-06-04 | |
dc.identifier.nim | 170210204088 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123010 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 8 Agustus 2024_Kurnadi_Lana | en_US |
dc.description.abstract | Penerapan RME merupakan bentuk pembelajaran yang menggunakan dunia
nyata dan kegiatan pembelajaran yang lebih menekankan aktivitas siswa untuk
mencari, menemukan, serta membangun sendiri pengetahuan yang diperlukan,
sehingga pembelajaran menjadi terpusat pada siswa. Matematika merupakan mata
pelajaran yang terkadang sering tidak disukai karena kesulitannya. Banyak sekali
materi di dalamnya salah satunya adalah bilangan cacah. Pada materi ini siswa
mengalami kesulitan dalam memahami soal. Hal ini mempengaruhi minat siswa
dan emosi siswa untuk menyerah dalam mengerjakan. Penerapan RME pada materi
perkalian bilangan cacah diharapkan dapat menimbulkan suasana yang bermakna
dan menyenangkan untuk siswa, sehingga menambah minat siswa untuk belajar dan
meningkatkan hasil belajarnya kelas II Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah, “ adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan Realistic Mathematics
Education (RME) terhadap hasil belajar perkalian bilangan cacah pada siswa kelas
II di SDN Wonosari 01 Jember”
Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pola eksperimental semu
(quasi experimental design) dengan pola penelitian non-equivalent control group
design 15 siswa pada siswa II di SDN Wonosari 01 Jember yang semuanya
dijadikan sebagai responden penelitian. Teknik pengumpulan data tersebut
menggunakan soal tes. Hasil dari 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 kemudian dikonsultasikan dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙
dengan df = 28 taraf signifikansi 5% yang menunjukkan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 2,048. Berdasarkan
hasil tersebut, dapat dilihat bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (2,638 > 2,048),
sehingga kesimpulannya ada pengaruh signifikan dari penerapan RME.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh RME dalam hasil belajar
Matematika materi Bilangan Pecahan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Saran yang dapat disampaikan adalah
pengoptimalan pemberian motivasi belajar yang intens kepada siswa agar hasil
belajar Matematika materi Bilangan Pecahan menjadi optimal. Bagi peneliti lain
dapat dijadikan bahan pertimbangan dan perlu diperhatikan faktor-faktor lain yang
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. Pembimbing Utama Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.
2. Pembimbing Anggota Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Realistic Mathematics Education | en_US |
dc.subject | Perkalian Bilangan Cacah | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Kelas II di SDN Wonosari 01 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 24 Juni 2024 | en_US |