dc.contributor.author | NABILAH, Dian Intan | |
dc.date.accessioned | 2024-08-05T06:05:29Z | |
dc.date.available | 2024-08-05T06:05:29Z | |
dc.date.issued | 2024-07-25 | |
dc.identifier.nim | 200210101040 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122870 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 5 Agustus 2024_Kurnadi_Rara | en_US |
dc.description.abstract | Matematisasi adalah suatu proses untuk mematematikakan suatu fenomena. Matematisasi bergerak dua arah, yaitu antara dunia nyata dengan dunia matematika. Dalam menyelesaikan soal konteks kehidupan nyata, setiap siswa melalui proses matematisasi yang berbeda. Perbedaan proses matematisasi siswa disebabkan karena perbedaan kemampuan matematika siswa. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses matematisasi siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan masalah kontektual ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek penelitian adalah enam subjek yang terdiri dari dua subjek untuk setiap kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menujukkan siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang melalui seluruh aktivitas proses matematisasi menerjemahkan masalah dunia nyata ke dalam masalah matematika, menggunakan konsep dan keterampilan matematika, dan merefleksi dan memvalidasi proses yang dilakukan dan hasil yang di dapat. Sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah hanya melalui beberapa aktivitas matematisasi pada tahap proses matematisasi menerjemahkan masalah dunia nyata ke dalam masalah matematika dan menggunakan konsep dan keterampilan matematika yang dikuasai. | en_US |
dc.description.sponsorship | 1.Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.
2.Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Proses Matematisasi | en_US |
dc.subject | Kemampuan Matematika | en_US |
dc.subject | Aritmatika Sosial | en_US |
dc.title | Analisis Proses Matematisasi Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Inge Wiliandani Setya Putri, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juli_2024 | en_US |