• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITASPELAYANAN RAWAT JALAN BAGI PENGGUNA KARTU JAMKESMAS DI PUSKESMAS PAKUSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Vinka Lutviyanti - 070910291028_1.pdf (96.86Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Vinka Lutviyanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Program Jamkesmas merupakan Program bantuan sosial bidang kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang menyeluruh bagi masyarakat miskin dan agar kebutuhan dasar kesehatannya yang layak dapat terpenuhi. Penyelenggaraan program Jamkesmas dibedakan dalam dua kelompok berdasarkan tingkat pelayanannya yaitu Jamkesmas untuk pelayanan dasar di puskesmas termasuk jaringannya dan untuk pelayanan kesehatan lanjutan di rumah sakit dan balai kesehatan. Puskesmas Pakusari merupakan salah satu Puskesmas Kecamatan di antara 48 Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Jember. Letak Puskesmas ini adalah di bagian timur Kabupaten Jember berada di Jl.Sudirman No.87 Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Sebagai pusat pelayanan kesehatan, Puskesmas Pakusari mempunyai fasilitas 1 Puskesmas Induk, 4 Puskesmas pembantu dan 2 pondok bersalin desa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember. Kualitas pelayanan yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan yang sesuai harapan dan sesuai dengan peraturan yang diberikan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi ditetapkan sebanyak 359 pasien. Sampel diambil dengan rumus 25%x359 pasien sehingga menjadi 90 pasien. Penentuan respondennya menggunakan teknik sampling vii insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan model pengukuran milik Parasuraman yaitu ServQual. Perhitungan ini digunakan untuk mengukur dan mendeskripsikan kualitas pelayanan rawat jalan bagi pengguna kartu Jamkesmas di Puskesmas Pakusari Kabupaten Jember. Variabel kualitas pelayanan diukur dengan 5 Indikator yaitu Bukti langsung
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12284
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository