• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) SETTING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SEMESTER GENAP

    Thumbnail
    View/Open
    Supriyono_1.pdf (380.4Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    SUPRIYONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Selain itu, untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok bahasan prisma dan limas kelas VIII semester genap. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Jember. Uji coba dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013. Uji coba ini dilaksanakan pada 23, 24, dan 29 Mei 2013. Perangkat pembelajaran model SFAE setting CTL meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4-D. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan tiga aspek kualitas, yakni aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Dari hasil uji kevalidan, perangkat pembelajaran dengan model SFAE setting CTL mencapai kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan berturut-turut dengan kategori sangat tinggi, sangat baik, dan baik. Hal ini berarti siswa setuju dengan pembelajaran model SFAE setting CTL. Berdasarkan kriteria kualitas perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL pada sub pokok bahasan Prisma dan Limas kelas VIII semester genap yang layak dan dapat digunakan oleh guru SMP dalam pembelajaran matematika di kelas. Namun perangkat pembelajaran matematika model SFAE setting CTL ini memiliki kelemahan yaitu langkah-langkah SFAE dan komponen CTL sulit tampak dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan dalam perangkatnya. Sehingga guru perlu membimbing siswa dalam proses belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12281
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository