dc.description.abstract | Murtafiatun Naimah, Juni 2005. Efektivitas Pembelajaran Quantum Learning
dengan Strategi Accelerated Learning Sub Pokok Bahasan Volume Kubus
dan Limas Pada Siswa SMA Negeri 1 Arjasa Kelas X Semester Genap
Tahun Ajaran 2004/2005. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika,
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember .
Pembimbing: 1) Dra. Hj. Titik Sugiarti, M.Pd
2) Dra. Hj. Dinawati Trapsilasiwi, M.Pd
Matematika merupakan bidang studi yang dianggap sulit oleh siswa.
Selain itu pembelajaran matematika selama ini terkesan kurang bervariasi,
sehingga siswa pasif dan merasa matematika merupakan pelajaran yang sulit.
Pembelajaran quantum learning dengan strategi accelerated learning dapat
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermanfaat sehingga siswa
menjadi responsive dan bergairah dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas
Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning,
bagaimanakah retensi siswa terhadap Pembelajaran Quantum Learning dengan
Strategi Accelerated Learning dan bagaimanakah sikap siswa terhadap
Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Arjasa Kelas X semester genap
tahun ajaran 2004/2005. Responden penelitian ditentukan dengan teknik
purposive sample diperoleh kelas X-1 sebagai kelas yang mendapat pembelajaran
Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Analisa data
menggunakan uji efektivitas sehingga diperoleh efektivitas pembelajaran
Quantum Learning dengan Strategi Accelerated Learning sebesar 77,42%, retensi
siswa baik terhadap Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated
Learning dengan perubahan retensi siswa sebesar 1,57% serta terlihat bahwa
penggunaan Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Accelerated
Learning sangat efektif dalam pembelajaran matematika. Hasil angket
menunjukkan bahwa siswa tertarik terhadap Pembelajaran Quantum Learning
dengan Strategi Accelerated Learning. Pembelajaran Quantum Learning dengan
Strategi Accelerated Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika
sebagai alternatif perbaikan hasil belajar siswa denagn menggunakan media yang
menarik. | en_US |