dc.contributor.author | RONI SETYAWAN | |
dc.date.accessioned | 2013-12-24T04:32:51Z | |
dc.date.available | 2013-12-24T04:32:51Z | |
dc.date.issued | 2013-12-24 | |
dc.identifier.nim | NIM050210191064 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12269 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini adalah jenis eksperimen, yang membandingkan 2 model
pembelajaran kooperatif yaitu tipe STAD dan tipe Jigsaw. Pada penelitian ini, sampel
yang di pilih adalah kelas VIIC dan kelas VIID di SMP Muhammadiyah 1 Genteng.
Kelas VIIC sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan pembelajaran melalui
tipe STAD dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan pembelajaran
tipe jigsaw.
Hasil penelitian diketahui terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan
antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Selain itu,
hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan
melalui tipe jigsaw lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa
yang diajarkan dengan menggunakan tipe STAD. Namun, dari hasil penelitian juga
diperoleh bahwa, melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik
dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan
menggunakan tipe STAD dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 050210191064; | |
dc.subject | Matematika, STAD, Segi empat | en_US |
dc.title | PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF ANTARA TIPE STAD DENGAN TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 GENTENG TAHUN AJARAN 2011/2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |