Show simple item record

dc.contributor.authorPERMATASARI, Savyla Putri
dc.date.accessioned2024-07-30T06:10:47Z
dc.date.available2024-07-30T06:10:47Z
dc.date.issued2023-07-24
dc.identifier.nim190910202010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122682
dc.description.abstractTren pasar kafe kopi sebagai emerging business yang berimplikasi terhadap persebaran kafe kopi di Indonesia yang terus meningkat. Hal tersebut menyebabkan persaingan kafe kopi pada masa kini semakin kompetitif dan banyak diantaranya tidak mampu berkembang serta bersaingan sehingga kafe kopi gulung tikar. Salah satu strategi yang diperlukan kafe kopi untuk bertahan pada persaingan dinamis dan mencapai keberhasilan usaha melalui manajerial adalah mengimplementasikan kompetensi kewirausahaan, branding capability dan inovasi. Penelitian ini menguji pengaruh kompetensi kewirausahaan, branding capability dan inovasi terhadap kinerja bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kafe kopi di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia. Daerah ini merupakan salah satu penghasil kopi nusantara dari pegunungan Raung dan Argopuro. Sampel penelitian diperoleh dari identifikasi kafe kopi yang berada di wilayah Kabupaten Jember melalui Google Maps berdasarkan rating bintang 4-5. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 39 pengelola kafe kopi, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan, branding capability dan inovasi berpengaruh secara simultan terhadap kinerja bisnis kafe kopi. Secara parsial, kompetensi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis kafe kopi, branding capability tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis kafe kopi, sedangkan inovasi berpengaruh terhadap kinerja bisnis kafe kopi. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa penting bagi pengelola kafe kopi mengembangkan kemampuannya dalam mengelola sumber daya bisnis, memperluas relasi untuk penambah keterampilan, dan meningkatkan pertumbuhan pangsar pasar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPengaruh Kompetensi Kewirausahaanen_US
dc.subjectBranding Capabilityen_US
dc.subjectdan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Kafeen_US
dc.titlePengaruh Kompetensi Kewirausahaan, Branding Capability dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Kafe Kopi di Kabupaten Jemberen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Entrepreneurship Competence, Branding Capability, and Innovation on Business Performance of Coffee Café in Jember Districten_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Bisnisen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Hari Karyadi, S.E., M.SA., Ak., QWP.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record