Show simple item record

dc.contributor.authorHERLAMBANG, Naufal
dc.date.accessioned2024-07-16T06:41:27Z
dc.date.available2024-07-16T06:41:27Z
dc.date.issued2024-06-21
dc.identifier.nim200210301046en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122425
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Juli 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dikembangkan oleh Kemendikbudristek, kurikulum ini adalah sebuah perbaikan dari kurikulum sebelumnya seperti Kurikulum 2013. Kurikulum ini berlaku pada beberapa tahun ajaran terakhir yaitu 2022/2023 dengan saat ini secara bertahap 70% satuan pendidikan telah menggunakan kurikulum tersebut, penerapan kurikulum merdeka belajar melibatkan berbagai pihak seperti sekolah dan guru. Penerapan kurikulum merdeka pada pelajaran melibatkan tiga tahapan meliputi: asesmen, perencanaan, pembelajaran. Penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember belum sempurna. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi deskriptif kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember tahun 2024. Responden ditentukan berdasarkan metode Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMA Negeri Kabupaten Jember. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan informan yaitu waka kurikulum dan guru ekonomi. Teknik analisis data menggunakan penskoran hasil kuesioner, menjumlah skor total setiap indikator, pengelompokkan skor yang diperoleh berdasarkan tingkat kecenderungan, melihat persentase tiap kecenderungan dengan kategori yang tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember tahun 2024 berjalan cukup baik, diantaranya pada komponen context diperoleh rata-rata persentase sebesar 60% sehingga masuk kategori cukup baik yang meliputi indikator kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP). Kemudian pada komponen input diperoleh rata-rata persentase sebesar 58,4% dengan kategori kurang baik yang meliputi indikator kesiapan guru, sarana dan prasarana serta pedoman yang berlaku. Pada komponen process diperoleh rata-rata persetase sebesar 61,8% dengan kategori cukup baik yang meliputi indikator perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan komponen product diperoleh rata-rata persentase sebesar 65,6% dengan kategori cukup baik yang meliputi indikator perangkat pembelajaran. Secara keseluruhan, hasil evaluasi terkait penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember pada model evaluasi CIPP yang terdiri dari komponen context, input, process, product diperoleh hasil yang cukup baik sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek meskipun belum optimal. Pemerintah dan Kemendikbudristek disarankan untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang lebih komperehensif dan berkelanjutan pada sekolah dan guru seperti merancang pembelajaran, mengembangkan referensi dan bahan ajar, memfasilitasi platform untuk mendorong kolaborasi dan berbagi pengalaman antar guru dalam penerapan kurikulum merdeka. Sekolah dan guru diharapkan berpartisipasi mengenai kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang diadakan oleh pemerintah dan kemendikbudristek, menerapkan praktik penerapan kurikulum merdeka di dalam pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan riset lebih lanjut mengenai rekomendasi kegiatan pelatihan mengenai kurikulum merdeka agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh guruen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Sukidin, M.Pd. Pembimbing Anggota Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.subjectPelajaran Ekonomien_US
dc.titleEvaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Jember Tahun 2024en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sukidin, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 16 Juli 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record