IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA PENGUASAAN MATERI DALAM UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA PROGRAM IPA TAHUN AJARAN 2009/2010 DI KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab
rendahnya penguasaan materi dalam Ujian Nasional Matematika SMA program IPA
tahun ajaran 2009/2010 di kabupaten Banyuwangi dengan data yang berupa angka
yaitu persentase penguasaan materi yang diujikan pada ujian nasional.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena akan yang diamati apa saja
faktor penyebab kurangnya siswa menguasai materi ujian nasional.
Berdasarkan hasil observasi di 9 sekolah yang telah diteliti, diperoleh
beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya penguasaan siswa pada materi
menentukan hasil operasi aljabar bentuk logaritma dan menentukan persamaan garis
singgung lingkaran dengan syarat tertentu. Faktor tersebut meliputi: a) dalam
penjelasan materi, siswa yang mampu memahami materi dari jumlah siswa di kelas
adalah kurang dari separuh kelas, b) intensitas belajar siswa masih kurang, c) dalam
mendapatkan konsep–konsep, struktur–struktur, dan prinsip–prinsip pada materi yang
diajarkan, siswa hanya mendengarkan dari penjelasan guru, d) sebagian besar guru
masih belum paham dengan baik tentang teori-teori belajar dan metode belajar, e)
hampir semua sekolah dilengkapi dengan alat atau sumber belajar lainnya, namun
masih jarang guru yang menggunakan fasilitas tersebut sebagai penunjang kegiatan
belajar mengajar. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi,
seharusnya media digunakan dengan baik unutk meningkatkan pemahaman siswa.