PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS 1B SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 TAPEN BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2004/2005
Abstract
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model JIGSAW pada pokok bahasan persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat siswa kelas 1B semester ganjil SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso tahun ajaran 2004/2005;
2. mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif model JIGSAW pada pokok bahasan persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat siswa kelas 1B semester ganjil SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso tahun ajaran 2004/2005;
3. mengetahui prosentase ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif model JIGSAW pada pokok bahasan persamaan kuadrat dan pertidaksamaan kuadrat siswa kelas 1B semester ganjil SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso tahun ajaran 2004/2005.
Lokasi Penelitian yaitu daerah sebagai sasaran yang sangat membantu untuk menentukan data yang diambil sehingga lokasi ini sangat menunjang untuk dapat memberikan informasi yang valid (Subagyo, 1997:123). Sedangkan metode
penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah purposive sampling area, artinya daerahnya sengaja dipilih berdasarkan atas tujuan dan pertimbangan tertentu yaitu: keterbatasan waktu, tenaga, dan dana sehingga tidak dapat
mengambil sampel yang besar dan jauh (Arikunto, 1998:127-128).
Adapun yang menjadi tempat penelitian adalah SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso dengan pertimbangan:
1. guru pengajar matematika di SMA Negeri 1 Tapen memenuhi syarat yaitu lulusan S-1;
2. kesediaan SMA Negeri 1 Tapen Bondowoso untuk dijadikan sebagai tempat kegiatan penelitian dan belum pernah ditempati penelitian sejenis;
3. hasil akademik khususnya pelajaran matematika yang masih kurang.
Metode penentuan responden adalah suatu cara untuk menetapkan individu yang akan dijadikan subyek penelitian. Responden dalam penelitian ini dipilih secara populatif yaitu seluruh siswa kelas 1B semester ganjil SMA Negeri
1 Tapen Bondowoso Tahun Ajaran 2004/2005 yang berjumlah 40 orang, dengan 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penetapan ini berdasarkan informasi dari guru bidang studi matematika kelas I bahwa tingkat kemampuan siswa kelas
IB bervariatif yaitu tinggi, sedang dan rendah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK).