PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN TERSEBAR BERULANG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUBPOKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP NEGERI 1 CURAHDAMI BONDOWOSO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Curahdami Bondowoso. Sebelum
penelitian ini dilaksanakan terlebih dahulu guru bidang studi yang bersangkutan telah
sedikit memberikan materi segiempat pada siswa, sehingga peneliti memberikan
materi kepada siswa secara singkat. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 26 Mei
sampai dengan 30 Mei 2011. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Curahdami Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan
Pemberian
Latihan Tersebar Berulang 3 kali dengan Pemberian Latihan Tersebar Berulang 2
kali, Pemberian Latihan Tersebar Berulang 3 kali dengan Pembelajaran Ekspositori,
dan Pemberian Latihan Tersebar Berulang 2 kali dengan Pembelajaran Ekspositori
pada mata pelajaran matematika subpokok bahasan segiempat Kelas VII SMP Negeri
1 Curahdami Bondowoso Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 dan juga untuk
mengetahui Hasil belajar manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar dengan
Pemberian Latihan Tersebar Berulang 3 kali, Pemberian Latihan Tersebar Berulang 2
kali, dan pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran matematika subpokok
viii
bahasan segiempat Kelas VII SMP Negeri 1 Curahdami Bondowoso Semester Genap
Tahun Ajaran 2010/2011.
Hasil belajar matematika siswa di analisis dengan menggunakan uji One way
Anova, dan didapatkan F hitung sebesar 16,395 dengan probabilitas 0,000. Nilai F
hitung (16,395) > F tabel (3,13) dan probabilitas (0,000) < 0,05, sehingga H
ditolak
dan H
diterima dengan kata lain ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa yang diajar dengan Pemberian Latihan Tersebar Berulang 3 kali dengan
Pemberian Latihan Tersebar Berulang 2 kali, Pemberian Latihan Tersebar Berulang 3
kali dengan Pembelajaran Ekspositori, dan Pemberian Latihan Tersebar Berulang 2
kali dengan Pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar matematika siswa dengan
Pemberian Latihan Tersebar Berulang 3 kali lebih baik daripada hasil belajar siswa
dengan Pemberian Latihan Tersebar Berulang 2 kali dan pembelajaran Ekspositori
dalam pembelajaran matematika pada subpokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1
Curahdami Bondowoso.