Show simple item record

dc.contributor.authorANGGRAENI, Nanda Putri
dc.date.accessioned2024-07-15T03:08:30Z
dc.date.available2024-07-15T03:08:30Z
dc.date.issued2024-06-10
dc.identifier.nim200210101119en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122217
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 15 Juli 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang mendorong penalaran seseorang dalam menganalisis suatu permasalahan sehingga seseorang dapat menarik kesimpulan dan mengambil keputusan ketika memecahkan masalah yang diinginkan. Peringkat hasil PISA Indonesia tahun 2022 yaitu 70 dari 81 negara dengan skor matematika sebesar 366 yang menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa indonesia dalam matematika masih belum berkembang dan tergolong rendah. AKM merupakan penilaian kompetensi dasar dengan tujuan membiasakan siswa berpikir kritis yang bersifat konteks. Soal AKM mengutamakan kemampuan literasi membaca dan numerasi siswa dibidang konten, proses kognitif, dan konteks. Soal tes yang digunakan terdiri dari 3 soal uraian berupa konten aljabar materi aritmetika sosial pada jenjang SMP dengan konteks personal melalui proses penalaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekaan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Gajah dalam menyelesaikan soal numerasi materi aritmetika sosial. Subjek penelitian ini yaitu 25 siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Gajah yang dikategorikasn berdasarkan indikator kriteria berpikir kritis FRISCO yang terpenuhi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal numerasi dan pedoman wawancara. Soal tes numerasi diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII-E untuk kemudian dilakukan pengkategorian kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kritis yang terpenuhi. Selanjutnya dipilih 3 subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dengan masing-masing satu siswa pada tiap kategorinya untuk dilakukan wawancara. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis data hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Gajah dalam menyelesaikan soal numerasi materi aritmetika sosial rendah. Hal ini berdasarkan hasil penelitian, dimana terdapat 17 siswa dari 25 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah dengan memenuhi hanya satu indikator yaitu focus dan terdapat 5 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis sedang dengan memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu focus, reason, inference dan situation serta 3 siswa lainnya memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis yaitu focus, reason, inference, situation, clarity dan overview.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectSoal Numerasien_US
dc.subjectAritmetika Sosialen_US
dc.subjectHasil PISA Indonesiaen_US
dc.titleKemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Gajah dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Materi Aritmetika Sosialen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Juli 2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record