dc.description.sponsorship | Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:
1) pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada sub pokok
bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi dapat berjalan dengan
baik.
2) pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas siswa selama
proses pembelajaran berlangsung baik secara kelompok maupun individu.
3) ketuntasan belajar siswa secara klasikal dengan menggunakan pembelajaran
berbasis masalah pada sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang
dan persegi telah tercapai pada siklus I sebesar 88,89%.
5.2 Saran
Berdasarkan hasil penelitian tentang pembelajaran berbasis masalah pada
sub pokok bahasan keliling dan luas persegi panjang dan persegi, saran yang dapat
diberikan adalah:
1) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk
mengadakan penelitian sejenis dengan permasalahan yang lain.
2) bagi guru, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pembelajaran
berbasis masalah ini dapat digunakan sebagai alternatif pendekatan
pembelajaran dalam mengajar dikelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
3) bagi siswa, berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan kesalahan-kesalahan
siswa, untuk itu siswa dibimbing agar (1) belajar lebih giat lagi; (2) tidak lupa
meneliti hasil pekerjaan; (3) tidak malu bertanya; (4) tidak tergesa-gesa dalam
mengerjakan. | en_US |