Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMAWATI, Dwi Oktavia
dc.date.accessioned2024-07-15T01:23:08Z
dc.date.available2024-07-15T01:23:08Z
dc.date.issued2023-06-13
dc.identifier.nim190210302073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/122178
dc.description.abstractPenerapan teknologi telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan. Penerapan teknologi dalam pendidikan dilakukan dalam proses pembelajaran dapat berupa media pembelajaran. Media pembelajaran diperlukan dalam proses pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran. Penerapan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sayangnya belum diterapkan secara maksimal dalam dalam pembelajaran termasuk pelajaran sejarah. Penerapan teknologi berupa media pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dapat menggunakan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah ?; (2) Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah ?. Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator terhadap motivasi belajar dan hasil belajar didik pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan model pretest-posttest, non-equivalent control-group design. Sampel terdiri dari 72 peserta didik pada kelas X2 dan X3 di SMA Negeri 4 Jember. Metode penelitian menggunakan observasi, penyebaran angket atau kuesioner, dokumentasi dan tes. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan uji ANACOVA berbantuan software SPSS 23 for windows. Hasil uji ANACOVA menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 (0,00 0,05) yang memperlihatkan adanya pengaruh media pembelajaran mobile learning berbantuan Smart Apps Creator terhadap motivasi belajar peserta didik, hasil uji ANACOVA pada data hasil belajar menunjukkn nilai signifikansi sebesar 0,00 menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap penerapan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator terhadap hasil belajar peserta didik; hasil estimates marginal means data motivasi belajar memperoleh nilai mean difference pada kelas kontrol sebesar 79,966 dan kelas eksperimen sebesar 83,201, hasil nilai perbedaan rata-rata kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan data hasil belajar dari estimates marginal means memperoleh nilai mean pada kelas kontrol sebesar 77,869 dan kelas eksperimen sebesar 81,187 sehingga dapat diketahui nilai perbedaan rata rata kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari analisis data lapangan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah; 2) Media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Bedasarkan temuan serta kesimpulan hasil penelitian, telah menjawab persoalan rumusan masalah. Atas hasil yang telah dipaparkan tersebut, saran yang dibangun berdasarkan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator memberikan hasil pembelajaran yang lebih optimal dibandingkan media pembelajaran e-learning google classroom, sehingga dengan pelaksanaan media pembelajaran mobile learning berbantuan smart apps creator memberikan keuntungan bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectMobile Learningen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectSmart Apps Creatoren_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Smart Apps Creator terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarahen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sumardi, M.Hum.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Marjono, M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_07_tanggal 10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record