Show simple item record

dc.contributor.authorRahmad Dwi Priyanto
dc.date.accessioned2013-12-24T04:08:54Z
dc.date.available2013-12-24T04:08:54Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12214
dc.description.abstractModel pembelajaran geometri berbasis teori van Hiele (PBH) adalah model pembelajaran yang dikembangkan untuk mencapai tiga tujuan pembelajaran, tujuan peningkatan proses berpikir, tujuan penguasaan bahan bahan pembelajaran dan tujuan pengembangan keterampilan sosial. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika kelas VII E SMP Negeri 2 Panti pembelajaran geometri yang dilaksanakan masih bersifat konfensional dan guru tidak memperhatikan tingkat berpikir siswa dalam geometri. Oleh karena itu dilakukan pembelajaran berbasis teori van Hiele. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan, aktivitas, ketuntasan hasil belajar dan tingkat perkembangan berpikir geometri siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis teori van Hiele. Proses penelitian diawali dengan tes tingkat perkembangan berpikir geometri siswa. Hasil tes digunakan untuk pembentukan kelompok belajar. Diketahui dari tes awal tingkat berpikir siswa berbeda-beda 91,89% pada tingkat pravisual, 5,41% pada tingkat visual, 2,70% pada tingkat transisi analisis. Proses pembelajaran berbasis van Hiele meliputi fase orientasi pembelajaran (mengorganisasi siswa dalam kelompok belajar, membagikan LKS, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan memotivasi siswa), fase diskusi kelompok, fase diskusi kelas, fase integrasi (membagikan kunci jawaban LKS dan membuat rangkuman). Penerapan pembelajran geometri berbasis teori van Hiele (PBH) untuk meningkatkan hasil belajar matematika sub pokok bahasan sifat-sifat segi empat pada kelas VII E SMP Negeri 2 Panti bejalan baik dan lancar. vii Penerapan model PBH mendapatkan respon cukup baik dari pihak guru maupun pihak siswa. Pada analisis data diperoleh rata-rata aktivitas pembelajaran I adalah 79,46%, pembelajaran II adalah 72,16%, pembelajaran III adalah 74,05%, pembelajaran IV adalah 75,13% dan rata-rata aktivitas siswa adalah 75,20% yaitu cukup aktif. Pada pembelajaran pertama aktivitas siswa cukup tinggi karena siswa antusias bertanya tentang langkah-langah mengerjakan LKS. Pada pembelajaran II lebih rendah karena siswa sudah memahami langkah-langkah pada LKS sehingga aktivitas bertanya siswa menjadi menurun tetapi pada pembelajaran III dan IV aktivitas siswa mengalami peningkatan peningkatan. Nilai Akhir siswa yang menentukan ketuntasan siswa diperoleh dari berbagai nilai yaitu nilai aktivitas, nilai tugas dan nilai ulangan. Berdasarkan analisis nilai ketuntasan siswa dipadat pada siklus satu yang tuntas sebesar 43,24%. Sedangkan ketuntasan siswa pada siklus kedua yang tuntas sebesar 54,55%. Siswa yang tidak tuntas rata-rata nilai ulangannya dibawah 60, sedangkan nilai ulangan yang diatas 60 siswa tersebut tuntas belajar. Tingkat perkembangan berpikir geometri siswa sebelum dan setelah pembelajaran mengalami peningkatan, meskipun ada beberapa siswa yang tetap tidak mengalami perubahan tingkat berpikir. Sebelum pembelajaran tingkat pravisual 91,98% setelah pembelajaran menjadi 32,43%, tingkat analisis sebelum pembelajaran 5,41% setelah pembelajaran menjadi 29,73%, tingkat analisis sebelum pembelajaran 2,70% setelah pembelajaran tetap, tingkat deduksi informal sebelum pembelajaran 0% setelah pembelajaran menjadi 13,52%. Hasil analisis tingkat perkembangan berpikir geometri siswa setelah dan sebelum pembelajaran dapat disimpulkan 17 (45,95%) siswa mengalami peningkatan, 12 (32,43%) siswa tetap tidak mengalami perubahan tingkat berpikir dan 8 (21,62%) siswa menjadi sulit diklasifikasikan. Dengan demikian dapat di tunjukkan secara empirik pembelajaran berbasis teori van Hiele (PBH) dapat meningkatkan tingkat perkembangan berpikir geometri siswa secara signifikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101092;
dc.subjectPEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS TEORI VAN HIELEen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS TEORI VAN HIELE (PBH) UNTUK MENINGKANKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT SEGI EMPAT PADA KELAS VII E SMP NEGERI 2 PANTI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record