• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Desain Media Pembelajaran CD Interaktif – Full Audio dan Alat Peraga Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Tuna Netra (SMPLB-A)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (810.1Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Rachma Windasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tunanetra adalah individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan. Seorang pendidik harus menyadari tentang keberadaan siswa tunanetra sebagai bagian dari fokus yang tidak boleh terabaikan. Untuk itu perlu adanya antisipasi pendidikan dan perhatian lebih bagi siswa-siswa tunanetra. Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Dalam kurikulum Sekolah Luar Biasa Tunanetra (SLB-A), Matematika juga diajarkan di setiap jenjang, bahkan Matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran untuk Ujian Nasional mereka. Kesenjangan nampak saat menghubungkan sifat matematika yang membutuhkan pengalaman realistik dengan sulitnya siswa tunanetra yang pada dasarnya memiliki keterbatasan untuk melihat apalagi membandingkan secara nyata. Kesulitan ini akan menjadi hambatan pembelajaran bila tidak ada pendekatan secara khusus bagi mereka. Kesulitan ini akan semakin nampak pada materi-materi yang berkaitan dengan unsur suatu bangun yang memerlukan proses identifikasi tentang bentuk dan sifat – sifatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil desain CD Interaktif – Full Audio dan alat peraga Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SLB-A dan untuk mengetahui interpretasi hasil uji coba CD Interaktif – Full Audio dan alat peraga Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk SLB-A. Setelah dihasilkan CD pembelajaran interaktif untuk siswa tunanetra. Tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi viii formatif, yakni evaluasi yang bertujuan untuk memperbaiki produk. Evaluasi ini dilakukan dengan beberapa cara antara lain test, preview, dan uji coba. Produk akhir pengembangan ini berupa Compact Disc pembelajaran matematika berbantuan komputer dan alat peraga untuk siswa tunanetra pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung. CD interaktif yang berisi file berekstensi *.exe ini dapat dijanlankan untuk semua komputer. Validasi produk ini dilakukan untuk menghasilkan media yang layak untuk digunakan. Dari hasil analisis uji kelayakan untuk aspek perangkat lunak, aspek desain pembelajaran, aspek komunikasi audio, serta lain – lain yang mencakup daya jual, prospek pengembangan media, dan kesesuaian tingkat kebutuhan pasar, didapatkan rata – rata nilai dengan kualifikasi “baik”. Dengan demikian media berupa CD dan alat peraga matematika ini sudah layak untuk disebarluaskan. Disamping itu, terdapat antusias yang tinggi dari tanggapan siswa tunanetra sebagai end user. Hal ini tergambar dari hasil angket siswa yaitu dari 9 item, rata – rata nilai pada angket yaitu 4 item mendapat 90% dan 4 item lainnya mendapat 85% dengan kualifikasi sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12200
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository