Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Konsep Gaya untuk Pembelajaran Fisika di SMP
Abstract
Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat
ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi
penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga
siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti
proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah
melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar
pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan
laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika.
Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan
diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI
yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer
Assisted Instruction Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat
ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi
penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga
siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti
proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah
melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar
pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan
laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika.
Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan
diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI
yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer
Assisted Instruction Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat
ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi
penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga
siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti
proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah
melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar
pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan
laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika.
Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan
diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI
yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer
Assisted Instruction Salah satu permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran fisika saat
ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi
penting agar transfer ilmu pengetahuan dari guru dapat lebih maksimal sehingga
siswa tidak hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru tetapi juga mengikuti
proses pembelajaran dengan benar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
dengan guru fisika di beberapa sekolah, diperoleh informasi bahwa guru sudah
melakukan pembelajaran dengan baik namun kurang mempersiapkan bahan ajar
pembelajaran fisika yang akan digunakan di kelas. Selain itu, pemanfaatan
laboratorium multimedia belum dimaksimalkan dalam pembelajaran fisika.
Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan
diatas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasis CAI
yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Computer
Assisted Instruction (CAI) adalah penyampaian materi atau bahan ajar melalui
komputer dan siswa melakukan aktifitasnya berinteraksi langsung dengan komputer.
Bahan ajar berbasis CAI adalah bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media
pembelajaran yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah. Bahan ajar
berbasis CAI yang dihasilkan terdiri atas: (1) buku ajar siswa (materi pembelajaran
dan tutorial), (2) lembar kegiatan siswa (LKS), 3 evaluasi. Bahan ajar berbasis
CAI ditunjang dengan silabus dan RPP yang sesuai dengan pendekatan CAI.
Penggunaan bahan ajar berbasis CAI diharapkan dapat mengubah pola pembelajaran
menjadi lebih baik karena siswa dapat menggunakan media tersebut sebagai acuan
untuk menemukan konsep atau materi melalui aktifitasnya sendiri. Tujuan penelitian
pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis CAI yang valid, mengetahui respon siswa, dan efektifitas pembelajaran terhadap penggunaan bahan
ajar interaktif berbasis CAI yang dikembangkan.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar berbasis CAI konsep gaya untuk pembelajaran fisika di
SMP. Pengembangan bahan ajar berbasis CAI menggunakan model pengembangan
perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan dari aspek waktu dan biaya menyebabkan
penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat
pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan,
dan tahap pengembangan. Perbedaan penelitian pengembangan ini dengan penelitian
sebelumnya yaitu adanya buku ajar siswa berupa materi pembelajaran dan tutorial,
dan evaluasi berupa praktik dan latihan. Alat perolehan data yang digunakan adalah
lembar validasi, lembar uji rumpang, lembar angket respon, serta lembar pre-test dan
post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi,
validasi logis, uji rumpang, angket, dan test. Data yang didapatkan adalah validasi
logis bahan ajar berbasis CAI, hasil observasi keterlaksanaan RPP, respon siswa, dan
efektifitas pembelajaran.
Hasil validasi logis mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar interaktif
berbasis CAI berkategori valid dengan nilai 4,3 dan memenuhi aspek kelayakan isi,
keterbacaan, dan kegrafikaan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji
homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII B SMP Negeri 12
Jember sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran
berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Siswa kelas VIII B SMP
Negeri 12 Jember memberikan respon positif terhadap penggunaan bahan ajar
interaktif berbasis CAI. Bahan ajar interaktif berbasis CAI memiliki kriteria efektif
karena taraf efektifitas (n) yang didapatkan dari rata-rata nilai pre-test dan post-test
adalah 81%.