Show simple item record

dc.contributor.authorTANTRIASIH, Agnestien
dc.date.accessioned2024-07-07T23:04:21Z
dc.date.available2024-07-07T23:04:21Z
dc.date.issued2023-02-24
dc.identifier.nim180210204281en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121800
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 8 Juli 2024en_US
dc.description.abstractDaya ingat siswa tidak hanya cukup dilakukan dengan pembelajaran konvensional saja akan tetapi juga dilakukan dengan penuh pemahaman. Oleh sebab itu, guru sebagai salah satu sumber pengetahuan siswa perlu untuk mengoptimalkan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berbasis video disekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas 3 SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso pada hari Senin tanggal 13 September 2021 memperoleh keterangan bahwa guru lebih sering menggunakan buku siswa dan buku penunjang. Alat peraga dan media pembelajaran jarang dipakai, terkadang guru lebih senang memanfaatkan media sederhana seadanya yang ada di sekitar kelas. Sekolah telah menyediakan LCD proyektor, namun disayangkan media ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Guru sangat jarang menggunakan LCD proyektor karena tidak mau repot untuk mengoprasikannya. Metode yang sering digunakan oleh guru yaitu metode ceramah dan penugasan. Kendala yang dialami guru ketika kegiatan pembelajaran yaitu ada beberapa siswa gaduh di dalam kelas sehingga dapat menghambat proses pengelolaan kelas secara optimal. Strategi yang dapat digunakan guru mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat menarik perhatian peserta didik dan juga membuat suasana pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran media audio-visual merupakan salah satu yang dianggap dapat mewakili setiap siswa dalam menangkap pembelajaran. Karena media audio-visual dapat menampilkan berbagai macam jenis visual dan audio di dalam satu sajian unik dan menarik. Media audio-visual seringkali dikatakan multimedia. Hal ini dikarenakan karakteristiknya yang merupakan penggabungan lebih dari satu unsur media dan melibatkan lebih dari satu anggota panca indra. Media audio visual berbasis video diduga mampu lebih menarik, karena siswa dapat belajar dengan melihat suara dan video dalam satu waktu yang bersamaan. Pembelajaran yang jelas, rinci, dan mudah dipahami dari pada metode pembelajaran biasa yang tentunya lebih membuat jenuh dan daya menalar lebih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh media audio visual berbasis video terhadap daya ingat dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas 3 di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media audio visual berbasis video terhadap daya ingat dalam pembelajaran bahasa indonesia kelas 3 di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan variabel yaitu untuk meningkatkan daya ingat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso, pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini berjumlah 54 siswa kelas 3 SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji-t untuk sample terpisah, dan uji keefektifan relatif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: ada pengaruh media audio visual berbasis video terhadap daya ingat dalam pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas 3 SDN Kejayan 1 Pujer Bondowoso. Hasil perhitungan uji-t pada hasil belajar ranah kognitif adalah sebesar 2,253. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, sedangkan hasil perhitungan keefektifan relatif sebesar 0,6% dengan kategori keefektifan perlakuan sangat rendahen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Hari Satrijono, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA AUDIO VISUALen_US
dc.subjectVIDEOen_US
dc.subjectDAYA INGAT SISWAen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.titlePengaruh Media Audio Visual Berbasis Video Terhadap Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 di SDN Kejayan 1 Pujer Kabupaten Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijono, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum, S.E., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Juni 2024en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record