dc.contributor.author | NINGRUM, Afifah Putri Fathma | |
dc.date.accessioned | 2024-06-19T01:53:51Z | |
dc.date.available | 2024-06-19T01:53:51Z | |
dc.date.issued | 2024-01-31 | |
dc.identifier.nim | 190910201087 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121538 | |
dc.description.abstract | Tugas akhir ini tentang “Perbandingan Kualitas Pelayanan Pembayaran
Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Drive Thru Jalan Teratai dan Jalan
Kalimantan Kabupaten Jember” diangkat berdasarkan latar belakang kurang
maksimalnya beberapa program unggulan SAMSAT Jember, sehingga Kantor
SAMSAT Jember membuat sebuah program dalam bentuk layanan cepat, dan
mudah tanpa turun dari kendaraan yang disebut SAMSAT Drive Thru, dengan
tujuan menghilangkan interaksi antara wajib pajak dengan calon dan dapat lebih
memudahkan dalam pembayaran pajak tahunan. SAMSAT Drive Thru terletak
pada dua lokasi dan selama program ini terlaksana terdapat perbedaan penilaian
masyarakat terkait kualitas kedua lokasi tersebut berdasarkan ulasan google
SAMSAT Drive Thru. Berdasarkan respon dari pengguna pelayanan tersebut
maka diperlukan penelitian mengenai perbandingan kualitasnya. Penelitian ini
bertujuan adalah untuk menjelaskan apakah terdapat perbedaan kualitas pelayanan
pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan antara SAMSAT Drive Thru Jl.
Teratai dengan SAMSAT Drive Thru Jl. Kalimantan Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini konsep yang digunakan adalah konsep kualitas
pelayanan. Paradigma yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah non probability sampling berupa accidental
sampling, yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden
yang kebetulan ada atau tersedia disuatu tempat sesuai dengan konteks penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tidak terdapat
perbedaaan anatar SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dengan Jl. Kalimantan. Jika
dilihat dari hasil analisis data pada setiap dimensi kualitas pelayanan (dimension
by dimension) uji hipotesis Mann Whiteny menunjukkan tiga dimensi tidak
memiliki perbedaan secara siginfikan kualitas pelayanan pembayaran pajak
kendaraan bermotor tahunan antara SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dan
SAMSAT Drive Thru Jl. Kalimantan. Tiga dimensi tersebut yaitu Reliability
(kehandalan), Assurance (jaminan), Emphaty (empati) dengan masing-masing
taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Terdapat dua dimensi yang memiliki
perbedaan dengan nilai signifikansi kurang dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu
Tangible (Bukti Langsung) 0,002 dan Responsiveness (Daya Tanggap) 0,000. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama :Drs. Supranoto M.Si., Ph.D
Dosen Pembimbing Anggota :Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.PA. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor | en_US |
dc.subject | Kualitas Pelayanan | en_US |
dc.subject | Samsat Drive Thru Jalan Teratai | en_US |
dc.title | Perbandingan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Drive Thru Jalan Teratai dan Jalan Kalimantan Kabupaten Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Administrasi Negara | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Supranoto, M.Si., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Tree Setiaan Pamungkas. S.A.P., M. AP | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 2 Februari 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 19 | en_US |