Show simple item record

dc.contributor.authorNURFADHILAH, Hanifah
dc.date.accessioned2024-06-13T08:40:23Z
dc.date.available2024-06-13T08:40:23Z
dc.date.issued2023-12-21
dc.identifier.nim190910302045en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121502
dc.description.abstractKasus feminisasi kemiskinan cukup banyak ditemukan di Desa Kesamben Kulon ketika sebelum adanya Sekolah Perempuan yang mana daerah ini merupakan daerah desa yang terpinggirkan. Perkawinan anak atau pernikahan dini adalah kasus yang mendominasi terjadi di desa tersebut. Ini terjadi karena beberapa faktor yang melatarbelakangi. Bentuk feminisasi kemiskinan lain juga dialami perempuan desa tersebut karena status mereka sebagai perempuan. Proses perjalanan berdirinya Sekolah Perempuan tidak terlepas dari adanya hambatan dan rintangan dari pihak yang tidak setuju dengan adanya Sekolah Perempuan. Meskipun begitu, seiring dengan berjalannya waktu, keberadaan Sekolah Perempuan mampu membawa perubahan yang cukup baik bagi perempuan akar rumput Desa kesamben Kulon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Sekolah Perempuan dalam praktik sosialnya berupaya menciptakan perubahan sosial bagi perempuan akar rumput di Desa Kesamben Kulon. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan teori strukturasi oleh Anthony Giddens mengenai praktik – praktik sosial yang terjadi melalui dualitas struktur dalam relasi – relasi kekuasaan. LSM KPS2K sebagai agen utama Sekolah Perempuan melakukan praktik – praktik sosial dengan adanya pertemuan secara rutin. Relasi yang baik melalui dualitas struktur dipengaruhi oleh adanya 3 dimensi struktur yakni struktur signifikasi, struktur dominasi dan struktur legitimasi. Agen dengan kekuasaan yang dimilikinya mampu mempengaruhi pola pikir para perempuan akar rumput yang awalnya terkekang oleh budaya patriaki. Perubahan sosial yang terjadi pada anggota Sekolah Perempuan adalah pada pola pikir dan perilaku perempuan akar rumput di desa tersebut.en_US
dc.description.sponsorshipRosnida Sari, S. Ag., M.Si., Ph.D Dodik Harnadi, S.H.I., M. Sosio.en_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectFeminisasi kemiskinanen_US
dc.subjectSekolah Perempuanen_US
dc.titleSekolah Perempuan: Praktik Sosial Agen Pada Perempuan Akar Rumput Desa Kesamben Kulonen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Rosnida Sari, S. Ag., M.Si., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dodik Harnadi, S.H.I., M. Sosio.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juni_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record