Show simple item record

dc.contributor.authorMUJIB, Fatkur
dc.date.accessioned2024-06-13T01:50:23Z
dc.date.available2024-06-13T01:50:23Z
dc.date.issued2024-03-08
dc.identifier.nim200210204186en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121418
dc.description.abstractPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang bertujuan mengembangkan sikap dan wawasan bernegara pada setiap masyarakat dengan cara memahami nilai-nilai Pancasila. Berdasarkan dari penting dan luhurnya tujuan PPKn tersebut, sudah sepatutnya PPKn menjadi mata pelajaran yang diutamakan dan dioptimalkan pada proses pembelajaran di sekolah. Kenyataannya minat peserta didik terhadap PPKn masih cenderung rendah. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, didapatkan bahwa pendidik merasa kesulitan untuk dapat membelajarkan PPKn secara menarik. Hal tersebut selaras dengan peserta didik yang merasa kurang tertarik terhadap materi PPKn. Hasil observasi pembelajaran juga menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran masih kurang dioptimalkan. Tujuan penelitian ini yakni, mengetahui proses pengembangan media pembelajaran komik digital pada unit 2 mata pelajaran PPKn untuk peserta didik kelas II SDN Kebonsari 04 Jember serta kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan penelitian, namun pada pelaksanaannya hanya pada tahap kedelapan. Kedelapan tahap yang dilakukan yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan produk, revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/ 2024 dengan subjek penelitian kelas II A sebagai kelas kontrol dan II B sebagai kelas eksperimen. Metode dan instrumen yang digunakan yakni, wawancara, observasi, tes, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi ahli, uji validitas empirik, uji reliabilitas, uji IDP dan IKES, uji t, uji keefektifan relatif serta analisis data respons peserta didik. Pengembangan produk media pembelajaran komik digital pada unit 2 mata pelajaran PPKn menghasilkan produk yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi ahli menunjukkan skor sebesar 81,4 dengan kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan sebesar 42,3% dengan kategori keefektifan sedang. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor sebesar 97,8% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan yakni, sebaiknya media pembelajaran komik digital dapat diinovasikan lagi, terutama untuk peserta didik kelas rendah yang belum lancar dalam membaca. Uji keefektifan juga dapat dilakukan tidak hanya mengukur ranah kognitif, tapi juga afektif dan psikomotor. Produk juga dapat dikembangkan dalam berbagai materi lainnyaen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Anggota Fathan Fihrisi, M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKomik Digitalen_US
dc.subjectPelajaran PPKnen_US
dc.subjectPengembangan Media Pembelajaranen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Unit 2 Mata Pelajaran PPKN untuk Peserta Didik Kelas II SDN Kebonsari 04 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Zetti Finali, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Fathan Fihrisi, M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorKacung- 16 Mei 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record