dc.contributor.author | DILA, Anisa Ratna | |
dc.date.accessioned | 2024-06-12T01:57:43Z | |
dc.date.available | 2024-06-12T01:57:43Z | |
dc.date.issued | 2024-03-13 | |
dc.identifier.nim | 200210104002 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121388 | |
dc.description.abstract | Pengembangan LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP; Anisa Ratna Dila;
200210104002, 97 halaman, Program Studi Pendidikan IPA; Jurusan Pendidikan
MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad-21 menuntut
manusia untuk memiliki tingkat daya saing yang tinggi dan menguasai berbagai
keterampilan seiring dengan ketatnya persaingan dan tantangan. Salah satu
keterampilan yang dibutuhkan ialah keterampilan berpikir kreatif, yaitu kemahiran
yang dimiliki seseorang untuk menganalisis informasi serta menghubungkannya
sebagai gagasan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Sehubungan dengan
hal tersebut, pembelajaran IPA mempunyai peran penting dalam pemahaman ilmu
pengetahuan dan teknologi. IPA menjelaskan penguasaan mengenai segala hal
yang berkaitan dengan alam seperti fakta, konsep, prinsip, hingga teori yang
bersifat sistematis. Prosedur dalam IPA diiringi dengan proses ilmiah seperti
observasi dan eksperimen sehingga dapat membantu dalam upaya
mengembangkan berbagai keterampilan berpikir kreatif pada siswa. Faktor yang
dapat mendukung peningkatan keterampilan berpikir kreatif adalah penggunaan
media pembelajaran yang tepat seperti LKPD yang dikembangkan dengan
adaptasi Engineering Design Process (EDP). Siswa dapat terlibat dalam
memecahkan masalah dan mengembangkan solusi sehingga dapat mendorong
siswa untuk berpikir kritis, berpikir kreatif, dan memecahkan masalah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengkaji 1) validitas LKPD Berbasis Engineering Design
Process (EDP) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP, 2)
efektivitas LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP, 3) kepraktisan LKPD
Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kreatif siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and
Development (R & D) dengan adaptasi model ADDIE yang meliputi lima tahapan yang terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Lokasi
penelitian di SMP Negeri 7 Jember dengan subjek kelas VII D yang berjumlah 36
siswa. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket
validasi, lembar wawancara, lembar tes, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan
angket respon siswa. Data yang dianalisis meliputi angket validasi untuk
mengukur validitas, lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur
kepraktisan, serta angket respon siswa dan lembar tes untuk mengukur keefektifan
LKPD yang dikembangkan.
Berdasarkan perhitungan, LKPD berbasis EDP yang dikembangkan
mendapatkan kriteria valid dengan persentase 88% untuk analisis ahli materi, dan
90% untuk ahli media. Hasil kepraktisan terkait pelaksanaan kegiatan
pembelajaran yang berlangsung selama lima kali pertemuan mendapatkan kriteria
praktis dengan persentase 93% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan
LKPD berbasis EDP berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang dianalisis
dengan rumus N-gain mendapatkan skor 0,40 dengan kategori sedang, sedangkan
untuk hasil analisis respon siswa menunjukkan persentase 89,84% dengan
kategori sangat valid. Dengan ini, maka bisa dikatakan bahwa LKPD berbasis
EDP yang dikembangkan sudah efektif.
Kesimpulan dari penelitian ini, LKPD berbasis EDP materi zat dan
perubahan yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
siswa SMP mendapat kategori valid, praktis, dan efektif. Analisis dilakukan
berdasarkan data-data yang sudah diperoleh selama kegiatan penelitian. Oleh
karena itu, LKPD berbasis EDP dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada siswa SMP. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd.,Ph.D
Pembimbing Anggota Nur Ahmad, S.Pd.,M.PFis | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pengembangan LKPD | en_US |
dc.subject | Engineering Design Process (EDP) | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berpikir Kreatif | en_US |
dc.title | Pengembangan LKPD Berbasis Engineering Design Process (EDP) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd.,Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Nur Ahmad, S.Pd.,M.PFis | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 3 April 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 12 | en_US |