Show simple item record

dc.contributor.authorWIDAYANTI, Anis
dc.date.accessioned2024-06-11T07:50:19Z
dc.date.available2024-06-11T07:50:19Z
dc.date.issued2024-03-20
dc.identifier.nim200210104010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121357
dc.description.abstractKemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang dibutuhkan siswa pada pembelajaran abad 21 saat ini. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif diharapkan mampu menghadapi serta mencari solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari melalui ideide dari konsep yang telah ada atau pelajari sebelumnya. Namun faktanya, kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini berdasarkan hasil Global Creativity Index (GCI) yang menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa di indonesia tergolong rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan berpikir kreatif rendah yaitu kurangnya pemberian soal-soal yang mengarah ke berpikir kreatif. Dengan itu, diperlukan pengembangan instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif agar siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dibutuhkan pengembangan instrumen penilaian yang diperuntukan dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA di SMP. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas dari instrumen penilaian berbantuan media Nearpod untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model borg and gall yang terdiri dari 9 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap desain produk, tahap validasi, tahap revisi, tahap uji coba produk awal, tahap revisi produk awal, tahap uji coba produk akhir dan tahap revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas instrumen penilaian Hasil validitas instrumen penilaian berbantuan media Nearpod untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa terdiri dari validitas ahli dan empiris. Validitas ahli dilakukan oleh tiga validator dengan persentase hasil sebesar 84,3 % yang termasuk dalam kategori valid. Validitas empiris terdiri dari validitas butir soal, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Hasil validitas butir soal diperoleh 20 butir soal valid. Hasil reliabilitas diperoleh hasil 0,752 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil tingkat kesukaran diperoleh 15 soal sedang dan 5 soal mudah. Hasil uji kepraktisan instrumen penilaian berbantuan media nearpod mendapatkan persentase 94% yang termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari tes mendapatkan hasil 62% yang menunjukkan siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori baik dan analisis angket respon siswa mendapatkan persentase 81% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh selama penelitian dapat disimpulkan instrumen penilaian berbantuan media nearpod yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan hasil dengan kategori valid, praktis dan efektif, Dengan demikian, produk instrumen penilaian berbantuan media nearpod yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran IPA materi usaha, energi dan pesawat sederhana.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Zainur Rasyid Ridlo S.Pd., M.Pd. M.C.E. Pembimbing Anggota Nur Ahmad S.Pd., M.PFis. M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan Instrumen Penilaianen_US
dc.subjectBerpikir Kreatifen_US
dc.subjectNearpoden_US
dc.subjectBorg and Gallen_US
dc.titlePengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Media Nearpod untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Zainur Rasyid Ridlo S.Pd., M.Pd. M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad S.Pd., M.PFis. M.C.Een_US
dc.identifier.validatorKacung- 4 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 11en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record