• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIIB SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Ninik Dwi Nur S._1.pdf (339.2Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    NINIK DWI NUR S
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT, mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 8 November 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdapat 2 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 1 membahas operasi penjumlahan dan pengurangan aljabar, pembelajaran 2 membahas operasi perkalian aljabar dan tes siklus 1 berisi tentang materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian aljabar. Siklus II juga terdiri dari dua pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 3 membahas operasi pembagian aljabar, pembelajaran 4 membahas operasi perpangkatan aljabar dan tes siklus II berisi tentang materi pembagian dan perpangkatan aljabar. Metode pengumpulan data yang dilakukan observasi sebelum dan pada saat penelitian, wawancara kepada guru dan siswa, dokumentasi, dan tes pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru dalam memberikan penguatan adalah 80% pada siklus I dan 75% pada siklus II. Persentase tersebut menunjukkan penguatan yang diberikan guru sudah optimal. Aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif NHT adalah 88,35% pada siklus I menjadi 91,65% pada siklus II. Aktivitas siswa yang diamati terdiri dari memperhatikan penjelasan guru atau teman, partisipasi dalam mengerjakan LKS, bertanya antara guru atau teman, dan menyampaikan pendapat/ide. Aktivitas ini meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II. Aktivitas kelompok yang yang diamati terdiri dari kerjasama mengerjakan LKS, menanggapi penjelasan presentator, dan presentasi. Hasil analisisnya yaitu 51,9% pada siklus I menjadi 60,9% pada siklus II, yang berarti juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan dengan persentase 40,6% sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan dengan persentase 75%. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama menggunakan implementasi pemberian penguatan dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12130
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository