Show simple item record

dc.contributor.authorSyamsul Anam
dc.contributor.authorAgung Tri, Wahyuningsih
dc.date.accessioned2013-09-25T07:41:40Z
dc.date.available2013-09-25T07:41:40Z
dc.date.issued2013-09-25
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1210
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractTOEFL (Test Of English as A Foreign Language) adalah standar tes kemampuan berbahasa Inggris yang sering digunakan di Indonesia. Tes ini menuntut standar kemampuan berbahasa Inggris yang sangat tinggi, oleh karena itu seringkali orang yang mengikuti tes ini tidak dapat memenuhi standar score yang diinginkan oleh instansi yang menyelenggarakannya. Lebih lanjut seringkali peserta tes tidak mempunyai waktu yang cukup untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat, akibatnya mereka tidak dapat mempersiapkan diri secara maksimal dalam mengikuti tes. Penelitian ini dimaksudkan untuk menemukan strategi-strategi yang jitu yang dapat digunakan dalam menjawab soal-soal tes TOEFL agar peserta tes dapat memperoleh score yang tinggi dalam waktu yang terbatas. Strategi ini akan dibuat dalam beberapa modul pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dengan pembahasan berbahasa Indonesia agar mempermudah pembelajar TOEFL memahami komponen yang menjadi materi tes; seperti Listening Comprehension, Structure, dan Reading Comprehension. Penjelasan-penjelasan ini selanjutnya akan dibuat dengan program animasi multimedia agar dapat lebih mudah dimengerti oleh pembelajar, sehingga dengan waktu yang singkat pembelajar dapat balajar sendiri dimanapun mereka berada. Penggunaan program animasi multimedia dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar TOEFL, disamping itu penggunaan program ini juga diharpakan untuk lebih menggairahkan pembelajar dalam belajar TOEFL. Hasil akhir dari penelitian ini adalah seperangkat CD (Compact Disc) yang memuat modul strategi untuk menjawab soal-soal TOEFL beserta penjelasan dalam bahasa Indonesia, dengan paket program ini nantinya diharapkan calon peserta tes TOEFL dapat belajar sendiri tanpa tutor (Self Directed Learning) dirumah atau di kantor kantor. Dengan demikian pembelajar akan dapat mengembangkan kemampuan. Penelitian akan dilakukan di 3 Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Timur yaitu ITS,UNIBRAW, dan UNEJ. Sedangkan objek penelitian adalah dosen dan mahasiswa yang belajar Bahasa Inggris untuk persiapan mengikuti tes TOEFL. Kata Kunci : --- TOEFL, modul pembelajaranen_US
dc.description.sponsorshipHB-2011en_US
dc.publisherFak. Sastraen_US
dc.subjectPembelajaran Mandiri TOEFLen_US
dc.subjectProgram Animasien_US
dc.titleModel Pembelajaran Mandiri TOEFL Dengan Panduan Program Animasi Untuk Meningkatkan Nilai Peserta Tesen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record